Meutya Hafid Ungkap 3 Pati Kandidat Kuat KSAD Pengganti Jendral Agus Subiyanto

Pengusulan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono yang segera pensiun, membuat sejumlah nama perwira tinggi (Pati) Angkatan Darat (AD) muncul ke permukaan.

Sejauh ini setidaknya ada tiga nama yang dinilai sebagai calon kuat KSAD.

Mereka adalah Pangkostrad Letjen Maruli Simanjuntak, Kepala BNPB Letjen Suharyanto, dan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) KSAD Letjen I Nyoman Cantiasa.

“Ada beberapa nama. Pak Maruli salah satu yang kuat, ada Pak Suharyanto Kepala BNPB, dan Pak Nyoman Cantiasa,” ujar Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, kepada wartawan di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/11).

Namun demikian, Meutya memastikan, masih terbuka peluang masuknya nama-nama lain dalam bursa calon KSAD.

“Enggak tertutup kemungkinan ada lagi yang lain,” tambahnya.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan memasuki masa purnabakti pada 26 November 2023. Ketua DPR Puan Maharani pun telah mengumumkan nama Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI berdasarkan surat presiden (surpres) yang diterima DPR beberapa hari lalu.

KSAD Jenderal Agus Subiyanto akan menjalani uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI di Komisi I DPR pada 14 November mendatang.(Sumber)