News  

Charta Politika: Ketat! Ganjar-Mahfud Unggul Tipis Dari Prabowo-Gibran, Anies-Cak Imin Tercecer

Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei terbarunya. Salah satu hasil surveinya adalah tren pilihan terhadap tiga nama calon presiden.

Dari hasil survei terbaru Charta Politika tersebut, Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) unggul tipis dari Ganjar Pranowo.

Elektabilitas Prabowo yakni sebesar 36,9 persen, sedangkan Ganjar adalah 35,3 persen, dan Anies sebesar 24,3 persen.

“Memang ada kecenderungan bahwa persaingannya sangat ketat antara pak Prabowo dengan mas Ganjar ada dalam situasi yang bisa dikatakan berimbang,” kata Peneliti Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam rilis survei terbaru secara daring, Senin (6/11).

“Nama Mas Anies juga mengalami kenaikan dari 23,9 [survei September] ke 24,3 persen [survei terkini],” sambungnya.

Selain elektabilitas capres, Yunarto juga membeberkan terkait hasil survei untuk pasangan capres dan cawapres.
Hasilnya, pasangan Ganjar-Mahfud menjadi yang tertinggi dengan 36,8 persen disusul dengan pasangan Prabowo-Gibran 34,7 persen, dan Anies-Muhaimin 24,3 persen. Sedangkan 4.3 persen menjawab tidak tahu.

“Ganjar – Mahfud ada berada di 36,8 persen, Prabowo – Gibran 34,7 persen dan Anies Baswedan berada di 24,3 persen,” ujar dia.

“Jadi ada selisih sekitar 2,1 persen,” tutup dia.
Survei Charta Politika ini dilakukan pada 26-31 Oktober 2023 yang melibatkan 2.400 responden dengan teknik wawancara langsung di 38 provinsi. Adapun Margin Of Eror (MoE) adalah sebesar 2 persen.(Sumber)