Ternyata Ini Pemyebab Performa Jonatan Christie Inkonsisten Sepanjang 2023

Jonatan Christie menceritakan mengapa tampil inkonsisten sepanjang tahun ini. Menurutnya, salah satu faktor adalah dari segi pemikiran di mana terkadang tertekan oleh ekspektasi diri sendiri.

Ya, Jojo bisa dibilang menjadi pebulu tangkis Indonesia yang paling sulit diprediksi penampilannya tahun ini. Sebab, dia bisa tampil sangat garang pada sebuah turnamen dan langsung bermain sangat buruk pada pekan berikutnya di ajang lainnya.

Jonatan Christie juara French Open 2023 Super 750 (Foto: PBSI)

Salah satu contohnya terjadi akhir-akhir ini di mana Jonatan berhasil menjadi juara Hong Kong Open 2023. Namun, pada dua turnamen berikutnya di nomor perorangan Asian Games 2022 dan Denmark Open 2023, dia langsung gugur di babak 32 besar.

Kemudian, sepekan setelah angkat koper lebih awal di Denmark, Jonatan sukses naik podium pertama di French Open 2023. Alhasil, banyak orang menilai penampilannya benar-benar inkonsisten.

Pemain berusia 26 tahun itu mengungkapkan tampil inkonsisten terkadang karena tertekan oleh ekspektasi tinggi orang lain setelah mencatatkan prestasi gemilang. Namun, terkadang juga merasa terbebani oleh ekspektasi yang dibuat oleh dirinya sendiri.

“Ya enggak mudah lah melewati proses naik turunnya juga. Ketika kita sudah sampai di titik juara, ekspektasi orang mungkin bakal lebih juga kan,” kata Jonatan kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia (MPI), saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu 8 November 2023.

Dari pengalaman kemarin juga ada beberapa kali merasa seperti, sebenarnya mungkin orang lain enggak secara langsung kayak menekan untuk masuk babak berapa atau juara gitu, cuman dari dirinya sendiri (yang menekan). Balik lagi ada pemikiran-pemikiran seperti itu,” tambah kekasih Shania Junianatha itu.

Lebih lanjut, Jonatan mengaku sudah mengerti solusi dari permasalahannya tersebut. Dia harus bisa menjaga pikiran dan kondisi psikologisnya agar tak merasa terbebani dengan ekspektasi orang lain maupun dirinya sendiri.

Jonatan Christie

“Jadi kalau ditanya cara menanganinya gimana ya itu sih dari psikologi, dari pemikirannya, karena dari pemikiran itu saya rasa cukup penting,” papar Jonatan.

“Balik lagi seperti yang kemarin sebelum French Open kalah tiga kali di babak awal, kalau saya enggak bisa mengatur pikiran saya mungkin di French Open akan sama,” tandas pemain jebolan PB Tangkas itu.(Sumber)