Shin Tae-yong Usai Timnas Dihajar Irak 5-1: Mereka Bermain Lebih Baik Dari Kami

Timnas Indonesia menelan kekalahan telak saat bertandang ke markas Irak dalam pertandingan Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Kamis (16/11) malam. Shin Tae-yong menyebut beberapa faktor kekalahan ‘Skuad Garuda’.

Pertandingan yang digelar di Basra International Stadium, Basra, Irak, tersebut berkesudahan dengan skor 1-5. Tentu bukan hasil yang diharapkan ‘Merah Putih’ di awal perjalanan menuju Piala Dunia.

Shin mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki persiapan yang sempit mengingat perjalanan panjang ke Irak dan pemain juga tak kumpul bersamaan. Ditambah lagi, Irak bermain bagus.

“Seperti yang anda lihat, ini adalah laga tandang dengan suporter yang tidak sedikit bagi kami di stadion,” komentar Shin usai laga dikutip dari laman resmi PSSI.

“Kemudian kami juga harus melalui perjalanan panjang dengan para pemain yang tidak datang bersamaan. Namun terlepas dari itu, Irak memang bermain lebih baik dari kami,” tambahnya.

Terkait persiapan, rombongan Indonesia sudah tiba di Basra pada 12 November lalu. Namun, pada saat itu baru ada 14 pemain yang dibawa Shin dari Jakarta, sementara sembilan pemain lain menyusul dua-tiga hari setelahnya.

Indonesia sejatinya mampu memberi perlawanan dalam pertandingan yang disaksikan 65 ribu penonton di stadion itu. Shayne Pettynama memperkecil ketertinggalan di menit 45+3 setelah Indonesia tertinggal 0-2.

Akan tetapi, ‘Merah Putih’ harus mengakui keunggulan tuan rumah usai turun minum. Irak menambah tiga gol lewat Osama Rashid (60′), Youssey Amyn (81′), dan Ali Al-Hamdi (88′).

Kekalahan ini membuat Indonesia tertahan di dasar klasemen Grup F dengan 0 poin. Selanjutnya, pasukan Shin akan tandang ke Manila untuk menghadapi Filipina pada 21 November mendatang.

“Saya rasa kami harus berjuang lebih keras lagi di pertandingan berikutnya. Lebih percaya pada kemampuan diri kami, karena kami adalah tim yang bagus,” tutur Pattynama.

“Namun yang terpenting adalah ini merupakan momen pembelajaran yang baik untuk kami, karena kami melawan salah satu tim hebat dan kami dapat belajar dari pengalaman ini. Sehingga kami dapat bermain lebih baik di laga berikutnya untuk mendapatkan hasil yang baik,” tutupnya.(Sumber)