Tekno  

Netizen Keluhkan Instagram Hapus Repost IG Story dan Reels Pro Palestina

Sejumlah pengguna Instagram di Indonesia mengaku tidak bisa me-repost konten Reels hingga IG Story soal Palestina yang diposting sejumlah akun, termasuk konten yang diunggah kumparan.

Ketika ada konten yang berhasil tayang di IG Story seseorang, postingan disebut seketika dihapus oleh Instagram.

Keluhan tersebut bermunculan di kolom komentar postingan Reels soal pembebasan sandera gelombang kedua oleh Hamas yang diposting di akun resmi Instagram kumparan pada Minggu (26/11) WIB.

“Aku repost di IG Story, cuma beberapa detik langsung kena banned IG dong,” tulis salah satu komentar.

“Saya nge-share feed ini dan langsung Story kena ban Instagram. Kok bisa? Ya ampun,” respons pembaca kumparan yang lain.

Pengguna yang postingan ulangnya dihapus oleh Instagram akan mendapati notifikasi bahwa kontennya dianggap melanggar Kebijakan Komunitas soal individu atau organisasi berbahaya.
Jika berulang kali melanggar aturan itu, maka akun pengguna terancam dibatasi atau diblokir.

“Kami tidak mengizinkan orang untuk berbagi simbol, pujian atau dukungan terhadap orang dan organisasi yang kami anggap berbahaya, atau mengikuti mereka,” tegas Instagram dalam peringatannya.

Sebelumnya, Meta selaku pemilik Instagram, sudah lama dilaporkan telah melakukan perlakuan yang tidak setara kepada para pengguna yang pro Palestina, setelah konflik Hamas dan Israel kembali memanas pada awal Oktober 2023.

Terbaru, mereka disorot publik soal memasukkan kata teroris di akun Instagram milik warga Palestina saat menerjemahkan bio pengguna secara otomatis, kemudian perusahaan juga menuai kontroversi karena membuat gambar bocah memegang senjata dari kata kunci Palestina di fitur AI Sticker di WhatsApp.(Sumber)