News  

Survei SPIN: Mayoritas Warga NU Hingga Muhammadiyah Condong ke Prabowo-Gibran

Sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) diprediksi oleh Lembaga Survei SPIN (Survei dan Polling Indonesia) bakal lebih condong menjatuhkan pilihan pada pasangan Capres dan Cawapres Prabowo-Gibran.

Hal itu diungkap oleh Igor Dirgantara, Direktur Eksekutif SPIN yang mengungkap perihal Elektabilitas Pasangan Capres Cawapres dalam kategori Organisasi Masyarakat.

“Dari seluruh publik yang merasa warga NU, warga Muhammadiyah dan bukan warga ormas keagamaan cenderung lebih besar menjatuhkan pilihannya kepada paslon Prabowo-Gibran.” jelas Igor

Dalam data survei dipaparkan Igor bahwa Warga Ormas NU (Nahdlatul Ulama) akan memilih Prabowo Gibran capai 42,2%, sementara Ganjar-Mahfud hanya dilirik 27,0% dan Anies-Muhaimin 26,6%.

Kemudian, untuk Ormas Muhammadiyah, sebesar 34,5% memilih paslon Prabowo-Gibran, 27,0% Ganjar-Mahfud dan 26,6% Anies-Muhaimin.

Dan, Ormas Agama lainnya sebanyak 40,0% memilih Prabowo-Gibran, 20,0% Ganjar-Mahfud dan 40,0% Anies-Muhaimin.

Sementara, bukan ormas keagamaan sebanyak 40,0% juga jatuhkan pilihan pada paslon Prabowo-Gibran, 32,2% pada Ganjar-Mahfud dan 22,7% pada Anies-Muhaimin.

Survei dan Polling Indonesia (SPIN) ini dilakukan pada periode 1-10 November 2023 dengan wilayah sebaran sampel tersebar di 38 Provinsi di Seluruh Indonesia.

Adapun, jumlah sampel sebanyak 2178 responden dilakukan dengan teknik sampel Multistage Random Sampling dibantu dengan Bantuan Kuesioner. Margin of Error survei ini kurang lebih 2,1% dengan Level of Confidence sebesar 95%.
(Sumber)