Puma Setop Sponsori Timnas Israel di Tengah Marak Boikot Produk Pro Israel

Produsen sepatu dan produk olahraga internasional Puma dilaporkan akan berhenti mensponsori tim nasional Israel mulai tahun depan.

Mengutip laporan Financial Times pada Selasa (12/12), Puma tidak akan lagi menyediakan perlengkapan olahraga untuk timnas Israel karena kontraknya dengan Asosiasi Sepak Bola Israel (IFA) telah dihentikan.

Dalam laporan itu Puma mengaku keputusannya murni karena masalah keuangan dan tidak ada kaitannya dengan aksi boikot produk Israel yang tengah ramai di media sosial.

“Keputusan Puma untuk mengeluarkan tim sepak bola nasional Israel dari portofolio sponsornya dibuat karena alasan keuangan,” ungkap Financial Times.

Kemitraan antara merek olahraga terbesar ketiga di dunia dan tim Israel telah memicu kemarahan internasional dan menyerukan boikot total terhadap semua produk Puma.

Para aktivis menuduh Puma mendukung permukiman Israel di Tepi Barat yang dianggap ilegal oleh sebagian besar komunitas internasional, terlebih IFA mencakup klub-klub yang bermarkas di permukiman tersebut.

Namun Puma berulang kali membantah dan mengatakan bahwa mereka hanya mensponsori tim nasional dan tidak terlibat dalam aktivitas tingkat klub.(Sumber)