News  

Sengit! Panggung Debat Capres Perdana Milik Anies dan Prabowo, Ganjar Redup

Debat perdana Pilpres 2024 yang digelar KPU RI pada Selasa malam (12/12), menjadi panggung capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal, menyebutkan, keduanya menunjukkan perbedaan pendapat yang besar. Bahkan, beberapa kali silang pendapat pada sejumlah tema yang dihadirkan dalam perdebatan semalam.

“Selain tema soal hukum, keduanya juga berdebat cukup sengit soal demokrasi dan HAM. Pada bagian itu, publik memberi perhatian yang kuat atas pernyataan keduanya,” kata Azhari dalam keterangan Rabu (13/12).

Menurut Azhari, Prabowo lebih santai dalam menghadapi debat Capres kali ini. Terbukti, meski mendapat pertanyaan sensitif, Prabowo tidak terpancing bersikap emosional.

“Ditanya soal yang sensitif (HAM dan Demokrasi), Prabowo justru melontarkan pernyataan dengan diksi yang menarik. Walaupun tampak biasa, tetapi publik justru terhibur dan bersikap simpati,” terangnya.

Sementara itu, kata Azhari lagi, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo justru meredup. Ganjar, meski cukup piawai dalam menyampaikan penjelasan visi-misi, tapi tampak monoton dan tidak interaktif dalam percakapan dengan pasangan Capres lainnya.

“Mas Ganjar kelihatan sangat serius saat menyampaikan penjelasan. Terlihat agak monoton. Tidak banyak pernyataannya yang terekam dalam perhatian dan ingatan publik,” tandasnya.(Sumber)