Tekno  

Bikin Bisnis Offline Jadi Online, Gunakan Alamat.com

Tak semua bisnis bisa diubah menjadi e-commerce atau dijajakan lewat marketplace, namun bukan berarti bisnis itu tak bisa dimunculkan di dunia maya.

Inilah yang coba dilakukan oleh Daniel Cahyadi dan Michael Dihardja melalui Alamat.com, yang berusaha menjembatani bisnis online dengan para konsumen onlinenya. Yaitu dengan menampilkan direktori jasa & gaya hidup dan berbagai macam informasi lokal yang aktual seperti tempat ibadah, ATM, kantor pelayanan umum, taman publik, dan lain-lain.

Berdasarkan data yang dihimpun Google berjudul “Year in Search 2018”, 68% konsumen Indonesia menggunakan smartphone untuk mencari informasi sebelum berbelanja sesuatu. Dalam data tersebut disebutkan pula bahwa konsumen yang mengakses internet untuk referensi belanja menghabiskan biaya konsumsi 1,5 kali lipat dibandingkan konsumen offline.

“Kami menghimpun informasi lengkap tentang toko-toko offline, kemudian menampilkan direktori ini untuk para konsumen, sehingga mereka bisa lebih mudah dan cepat menentukan layanan gaya hidup yang dibutuhkan. Sementara, pelaku UKM di bidang ini yang belum memiliki kehadiran online dapat terhubung dengan konsumen baru dan meningkatkan transaksi mereka,” kata Daniel, CEO dan co-founder Alamat.com seperti dikutip dari detikINET.

Dengan aplikasi yang mudah digunakan, pengguna Alamat.com dibantu dalam membuat keputusan terbaik sebelum mengunjungi sebuah layanan gaya hidup melalui informasi yang lengkap, seperti fasilitas yang tersedia. Ada juga informasi alternatif pembayaran online seperti kartu kredit, GO-PAY, dan layanan e-wallet lainnya, rating & review yang selalu ditinjau, serta promosi yang sedang berlangsung.

Untuk memikat konsumen baru dan menarik lebih banyak pengguna, Alamat.com juga akan mengembangkan program reward dan poin, sehingga hubungan konsumen dengan pemilik bisnis tetap terjaga secara jangka panjang.

“Sebagai sebuah perusahaan, kami memiliki misi untuk membantu pertumbuhan bisnis UKM yang bergerak di sektor jasa dan gaya hidup agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumen, melalui kecanggihan teknologi. Kami percaya bahwa ekonomi digital di Indonesia harus dapat diakses secara merata,” kata Daniel.

Sebelum memulai Alamat.com, Daniel telah berpengalaman selama tujuh tahun di perusahaan konsultan Accenture dan pernah menduduki posisi Industry Manager di Google selama tiga tahun.

Alamat.com memberikan pelayanan terpadu untuk semua kebutuhan promosi digital bagi UKM yang bergerak di sektor jasa dan gaya hidup. Platform yang baru diperkenalkan di bulan April 2019 ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengatur tampilan online, mempublikasikan penawaran online, dan melihat performa bisnis online dalam menjangkau target pasar bisnis mereka.. Bagi pelaku bisnis yang tidak memiliki konten promosi berupa gambar dan/atau video yang menarik, Alamat.com juga memberikan pelayanan profesional pembuatan konten.

“Saat ini, lebih dari 3.000 pengguna mengandalkan Alamat.com untuk mencari rekomendasi tempat untuk dikunjungi tiap harinya,” ujar Michael Dihardja, co-founder sekaligus CTO Alamat.com.

Daniel mengundang para pebisnis untuk ikut serta bergabung di Alamat.com untuk mulai memaksimalkan tren teknologi dalam meraih pelanggan.

“Alamat.com diciptakan untuk memajukan Indonesia lewat aktivitas pemasaran digital dengan pendekatan hyperlocal, sehingga visibilitas bisnis offline Anda akan lebih tinggi di mata pengunjung sekitarnya. Mari bergabung dengan Alamat.com lewat situs maupun aplikasi Android kami,” tutup Daniel dalam keterangannya. [detik]