Undian BWF World Tour Finals 2023, Jonatan Christie dan Fajar/Rian Bertemu Siapa?

Pertandingan menantang menanti dua wakil Indonesia yang akan berlaga pada semifinal BWF World Tour Finals 2023.

Semifinal BWF World Tour Finals 2023 akan berlangsung pada Sabtu (16/12/2023) di Hangzhou Olympic Sports Centre, Hangzhou, China.

Indonesia akan menaruh harapan kepada tunggal putra Jonatan Christie dan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Walau lawan yang dihadapi tidak mudah, ada harapan bagi Indonesia untuk melihat dua wakilnya melangkah hingga partai puncak.

Jonatan Christie akan menghadapi Shi Yu Qi (China), juara Grup A yang ditempati oleh rekan senegara yaitu Anthony Sinisuka Ginting.

Shi Yu Qi lolos dengan catatan kemenangan atas Kodai Naraoka (Jepang) dan raja bulu tangkis, Viktor Axelsen (Denmark).

Meski begitu, Shi Yu Qi tetap dapat dikalahkan dan itu dilakukan oleh Anthony Ginting sendiri dalam tiga gim yang alot dengan skor 11-21, 21-7, 21-17.

Adapun Jonatan punya rekor pertemuan yang ketat dengan juara edisi pertama World Tour Finals itu dengan catatan 6 kemenangan dan 5 kekalahan.

Tahun ini pun keduanya telah saling mengalahkan di mana Shi menjadi pemenang dalam bentrok terakhir di Singapore Open 2023 dengan skor 21-19, 21-12.

Sementara itu Fajar/Rian akan menghadapi lawan dengan peringkat terbaik baik dalam ranking World Tour 2023 maupun ranking dunia saat ini.

Sosok yang dimaksud adalah Liang Wei Keng/Wang Chang yang tahun ini merengkuh empat gelar juara di India Open, Thailand Open, China Open, dan China Masters.

Ya, tahun ini Liang/Wang hampir sempurna setiap kali tampil di kandang meski juga mengalami nestapa saat Asian Games 2022 dihelat di Hangzhou, kota yang sama.

Fajar/Rian belum menghadapi Liang/Wang lagi sejak final Malaysia Open 2023 pada Januari lalu di mana mereka menang dengan skor 21-18, 18-21, 21-13.

Melihat lebih jauh, Fajar/Rian masih unggul dalam head-to-head dengan catatan 2 kemenangan dan 1 kekalahan atas pasangan yang baru debut pada tahun lalu.

Sementara itu, dua negara telah memastikan satu tempat di final karena pertarungan antara sesama wakil mereka di babak empat besar BWF World Tour Finals 2023.

Di tunggal putra, Denmark tinggal menanti hasil dari derbi antara Viktor Axelsen dan Anders Antonsen yang sama-sama pernah menjadi juara turnamen penutup musim ini.

Sedangkan di ganda putri hadir pertarungan dua jawara China dari generasi berbeda yaitu Cheng Qing Chen/Jia Yi Fan dengan junior mereka yaitu Liu Sheng Shu/Tan Ning.

HASIL UNDIAN SEMIFINAL BWF WORLD TOUR FINALS 2023

Tunggal Putra

Shi Yu Qi (China) vs Jonatan Christie (Indonesia)

Viktor Axelsen (Denmark) vs Anders Antonsen (Denmark)

Tunggal Putri

An Se-young (Korea Selatan) vs Tai Tzu Ying (Taiwan)

Chen Yu Fei (China) vs Carolina Marin (Spanyol)

Ganda Putra

Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (China) vs Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (Korea Selatan)

Liang Wei Keng/Wang Chang (China) vs Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)

Ganda Putri

Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Liu Sheng Shu/Tan Ning (China)

Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) vs Baek Ha-na/Lee So-hee (Korea Selatan)

Ganda Campuran

Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) vs Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang)

Seo Seung-jae/Chae Yu-jung vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)

(Sumber)