News  

Candaan UAS dan Anies Soal Shalat: Orang Takut Ucap Amin dan Tasyahud Jari Satu

Anies Baswedan melakukan pertemuan dengan Ustaz Abdul Somad (UAS) di kediaman pendakwah kondang itu di Rumah Omak, Yayasan Pesantren Hj. Rohana, Kampar, Riau, pada Rabu 13 Desember 2023 malam. Pertemuan itu pun menjadi momen Ustaz Abdul Somad memberikan dukungannya kepada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024.

Capres nomor urut 1 itu menyambangi kediaman Ustaz Abdul Somad ditemani oleh sang ibunda, Aliyah Rasyid, dan Fery Farhati, istrinya. Tidak hanya berdiskusi mengenai berbagai hal serius, keduanya juga tampak sesekali bercanda.

Salah satunya adalah momen kala Ustaz Abdul Somad berkelakar mengenai ketakutan orang-orang mengatakan ‘Amin’. Pasalnya, hal itu sama dengan singkatan pasangan calon (Paslon) nomor urut satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yakni AMIN.

“Sekarang di beberapa kantor, (ketika salat) itu ‘gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn’ sudah takut bilang amin,” ucapnya.

Mendengar apa yang disampaikan sang ustaz, orang-orang yang hadir dalam pertemuan tersebut lantas tertawa. Begitu juga Anies Baswedan yang tak mau kalah mengeluarkan gurauan.

“Dan saya juga baru sadar tadi pagi, bahwa ternyata acara debat tadi malam itu tidak lagi berdoa. Mengheningkan cipta Kenapa jadi tidak ada doa? saya bilang gitu, tapi saya juga baru sadarnya pagi,” kata Anies Baswedan.

“Pada malam, tadi malam itu cuma ketika mengheningkan cipta kita diam semua. Doa, tumben doanya diam,” ujarnya menambahkan.

Belum selesai, Ustaz Abdul Somad dan Anies Baswedan lanjut berkelakar mengenai bagaimana orang-orang akan melakukan gerakan salat, yakni tasyahud, setelah ini. Pasalnya, ketika melakukan tasyahud, seorang muslim mengepalkan tangan kanan dan mengeluarkan jari telunjuk.

“Jangan-jangan tasyahud pun sekarang begini aja (mengepalkan tangan) semua,” kata UAS.

“Iya, masa tasyahud tangannya keluar dua (jarinya) begini kan, tasyahud kan satu. Mau gimana kita?” tutur Anies Baswedan menimpali.

Candaan mereka pun langsung kembali disambut tawa oleh orang-orang yang hadir.

Pembacaan Doa saat Debat Capres
Gelaran Debat Capres 2024 di KPU pada Selasa 12 Desember 2023 malam dimulai dengan sambutan dari ketua KPU, sekaligus pembacaan doa. Pembawa acara langsung mempersilakan Hasyim Asy’ari untuk naik ke podium dan menyampaikan sambutannya.

“Selanjutnya, kita simak bersama sambutan ketua Komisi Pemilihan Umum sekaligus berkenan untuk memimpin pembacaan doa. Kepada bapak Hasyim Asy’ari dipersilakan,” ujarnya.

Hasyim Asy’ari pun menyampaikan sambutannya di hadapan ketiga Paslon Capres-Cawapres yang datang didampingi petinggi partai serta pendukungnya. Setelah itu, dia memimpin doa bersama.

Akan tetapi, doa bersama dalam gelaran Debat Capres itu tidak diucapkan melalui mikrofon. Ketua KPU hanya mengajak masyarakat menundukkan kepala sejenak dan berdoa masing-masing.

“Bapak ibu sekalian, dengan memohon ridho dan rahmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan iringan doa semoga kita senantiasa diberikan kesehatan, diberikan kekuatan, dan diberikan kesabaran,” tutur Hasyim Asy’ari.

“Mari kita sejenak bersama-sama menundukkan kepala sambil berdoa dan bermunajat. Berdoa mulai,” ucapnya menambahkan.

Suasana langsung hening, semua hadirin menundukkan kepala memanjatkan doa.

“Berdoa selesai, selamat menyaksikan dan menikmati dan juga menyimak debat calon presiden yang pertama malam hari ini,” kata Hasyim Asy’ari.

Tidak terdengar ucapan ‘Amin’ yang terlontar, kecuali dari massa yang tampaknya merupakan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Sejak awal, mereka terdengar terus mengucapkan Amin untuk doa dan harapan yang disampaikan oleh Ketua KPU tersebut.(Sumber)