News  

Vatikan Izinkan Gereja Katolik Beri Pemberkatan Pasangan Sejenis

Vatikan pada Senin (18/12) menyetujui pemberkatan pasangan sejenis. Pemberkatan itu asalkan bukan dalam konteks persatuan sipil hingga pernikahan.

Dalam dokumen yang disetujui oleh Paus Fransiskus, Vatikan menyatakan dukungan terhadap pemberkatan pada situasi yang tidak biasa, seperti pasangan tidak menikah, bercerai, dan pasangan sejenis.

“Tidak ada boleh mencegah atau melarang gereja dekat dengan semua orang dalam segala sesuatu yang mungkin mereka ingin mencari pertolongan Tuhan melalui berkat sederhana,” tulis dokumen tersebut seperti dikutip dari Reuters.

Dokumen tersebut dirilis oleh departemen agama Vatikan. Mereka menuliskan, bahwa sikap Gereja Katolik terhadap pernikahan sejenis atau persatuan sipil tidak berubah.

Gereja Katolik punya sikap bahwa pernikahan dalam Gereja Katolik hanya untuk pria dan wanita, dan yang ingin bertujuan memiliki anak.

Vatikan menegaskan, bahwa tidak akan ada pemberkatan pada sakramen pernikahan.
Persoalan pemberkatan pada sakramen pernikahan terhadap pasangan sejenis telah menjadi perdebatan panjang di Gereja Katolik.

Kelompok konservatif Katolik terutama di Amerika Serikat menolak dukungan tersebut. Namun, kelompok gereja di Eropa seperti di Belgia, Jerman bahkan sudah mulai melakukan pemberkatan.(Sumber)