Tekno  

Microsoft Bakal Tanamkan Prosesor NPU Generasi Terbaru ke Laptop Surface Mendatang

Sejumlah teknologi dan fitur baru yang didukung kecerdasan buatan akan ditanamkan Microsoft ke jajaran perangkat Surface terbaru mereka.

Dengan kode ‘CADMUS’, mesin baru ini mungkin didukung oleh prosesor neural processing unit (NPU) generasi terbaru dan akan hadir dalam varian Intel dan ARM.

Menurut laporan Zac Bowden dari Windows Central yang mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 akan memiliki chip Snapdragon X terbaru dari Qualcomm. Sedangkan varian yang didukung Intel akan ditenagai oleh prosesor Generasi ke-14 perusahaan.

Menurut Indian Express, chip NPU generasi baru akan membantu PC menjalankan fitur AI yang akan disertakan Microsoft dalam versi terbaru Windows yang sedang dikerjakan perusahaan.

Dikatakan bahwa perangkat keras tersebut juga akan membawa peningkatan signifikan di berbagai bidang seperti masa pakai baterai dan keamanan, sehingga sejalan dengan silikon Apple.

Laporan tersebut juga merinci Surface Laptop 6, yang kini akan meningkatkan ukuran layar dari 13,5 inci menjadi 13,8 inci dan hadir dengan layar bulat dengan bezel lebih tipis, seperti Surface Pro 10. Ini mungkin juga dilengkapi touchpad dengan umpan balik haptik dan tombol khusus untuk Microsoft Copilot, chatbot buatan perusahaan yang didukung AI.

Di bagian konektivitas, Surface Laptop 6 mungkin memiliki port USB-A, dua port USB-C, dan port Surface Connect untuk pengisian daya. Sedangkan untuk Surface Pro 10, akan mengikuti harga yang sama seperti pendahulunya dan mungkin diumumkan pada musim semi tahun 2024.

Microsoft juga merencanakan Surface Pro dan Surface Laptop Studio yang didesain ulang pada tahun 2025.(Sumber)