Sempat Tertinggal, Jepang Hajar Vietnam 4-2 di Penyisihan Piala Asia 2023 Grup D

Jepang mengalahkan Vietnam dalam laga pertama Grup D Piala Asia di Al Thumama Stadium, Qatar, pada Minggu (14/1) malam WIB. Skor akhir 4-2.

Jepang mencetak gol di menit 11. Berawal dari kemelut usai sepak pojok, Takumi Minamino melepas tendangan akurat yang tak bisa diantisipasi oleh kiper Vietnam, Filip Nguyen.

Vietnam menyamakan kedudukan di menit 16. Do Hung Dung melepas umpan sepak pojok, Dinh Bac Nguyen menanduk bola masuk gawang Jepang.

Vietnam mencetak gol kedua di menit 33. Viet Anh Bui Hoang menanduk bola dengan akurat memanfaatkan umpan tendangan bebas, bola bisa ditepis kiper Jepang, Zion Suzuki, lalu bola muntah ditendang Pham Tuan Hai masuk gawang Jepang.

Jepang menyamakan skor di menit 45. Sepakan datar Minamino menembus pojok kiri bawah gawang Vietnam.
Jepang kembali unggul di menit 45+5. Keito Nakamura melepas tendangan melengkung dari bibir kotak penalti, bola masuk pojok kiri atas gawang Vietnam. Skor 3-2 bertahan sampai jeda.

Pada babak kedua, Jepang lebih mendominasi penguasaan bola. Mereka mencari gol ketiga, tetapi kesulitan menciptakan peluang berbahaya karena Vietnam cukup disiplin dalam bertahan. Di sisi lain, Vietnam juga sukar menemukan celah dalam melancarkan serangan balik yang apik.

Jepang mencetak gol keempat di menit 85. Kerja sama operan datar yang ciamik berakhir dengan sepakan yang dilepas Ayase Ueda, bola kena kaki Tuan Tai Phan tetapi akhirnya tetap masuk gawang. Skor akhir 4-2.

Adapun Timnas Indonesia baru akan bertanding pada Senin (15/1) pukul 21:30 WIB. Lawan pertama ‘Garuda’ di Grup D Piala Asia ini adalah Irak di Ahmed bin Ali Stadium.(Sumber)