News  

Survei SPIN: Gerindra Salip PDIP di Puncak, Demokrat Tempel Ketat Partai Golkar

Elektabilitas Partai Gerindra besutan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto unggul menyalip posisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam hasil Survei SPIN, Senin (15/1).

Mengapa hal itu bisa terjadi? Igor Dirgantara, Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia (SPIN) menjabarkan sejumlah alasannya, yakni adanya coattail effect dari pencalonan Prabowo sebagai Presiden.

“Tampaknya Gerindra menikmati betul coattail effect dari pencalonan Prabowo, sementara PDIP tidak mendapatkannya mengingat perolehan suara dukungan parpol masih sama dengan perolehan suara PDIP 2019 yang lalu,” papar Igor.

Partai Gerindra berhasil mematahkan dominasi PDIP dalam kurun waktu delapan tahun terakhir. Target PDIP untuk dapat menang Pemilu untuk ketiga kalinya akan hilang.

“Jika pemilihan dilaksanakan hari ini, partai politik mana yang akan anda pilih? Sebanyak 21,1% responden memilih Partai Gerindra sementara PDIP menduduki posisi urutan ke dua capai 19,7%,” jelas Igor.

Bila nanti Partai Gerindra benar sesuai sebagai pemenang Pemilu 2024 tentu ini akan menjadi pencapaian tertinggi Partai Gerindra.

Survei SPIN dilakukan pada periode 08-14 Januari 2024 dengan menggunakan teknik multistage random sampling yang tersebar secara proporsional pada 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Adapun, total sampel yang digunakan pada survei kali ini berjumlah 2178 responden dengan margin of error (MoE) level of confidence kurang lebih 2,1 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.
(Sumber)