Kisah Ricky/Rexy, Legenda Ganda Putra Indonesia Yang Sukses Rebut Emas Olimpiade 1996

KISAH Ricky Subagja/Rexy Mainaky, mantan ganda putra Indonesia yang sukses raih emas Olimpiade 1996 usai kalahkan rival terberat asal Malaysia, layak untuk diulas lagi. Sebab, ada perasaan meledak-ledak usai meraih prestasi tersebut.

Ricky/Rexy menjadi juara Olimpiade Atlanta 1996 setelah mengalahkan Cheah Soon Kit/Yap Kim Hock (Malaysia) 5-15, 15-13, dan 15-12. Kemenangan itu sekaligus menjaga tradisi emas Indonesia dari cabor bulu tangkis di Olimpiade.

Perjuangan Ricky/Rexy di babak final itu tidak mudah. Setelah kalah jauh di gim pertama, Ricky mengakui pola mainnya tidak berjalan normal. Hal itu sedikit banyak diakibatkan perasaan tegang.

Cheah/Yap sendiri merupakan salah satu musuh bebuyutan bagi Ricky/Rexy kala itu. Beruntung, pasangan Indonesia itu berhasil bangkit di gim kedua dan ketiga, sekaligus membawa pulang medali emas.

“Pada gim pertama, saya tidak bis berkomunikasi dengan baik bersama Rexy. Ya itu permasalahannya, muncul kekhawatiran yang luar biasa. Rexy pun sama, kerasa tegangnya,” terang Ricky dalam sebuah wawancara.

“Sebelum final, pelatih memberi wejangan supaya bermain rileks, walaupun ini merupakan kesempatan besar yang sayang untuk disia-siakan,” lanjut pria asal Bandung itu.

Lebih lanjut, Ricky berbicara resep untuk bangkit di gim kedua dan ketiga. Ia mengaku hanya mengingat-ingat persiapan yang dilakukan selama beberapa waktu demi tampil di Olimpiade.

“Setelah kalah pada gim pertama, untuk membalikkan pikiran dan fokus, saya ingat-ingat lagi bahwa saya sudah punya persiapan yang baik. Harus yakin di situ,” tandas Ricky.

Alhasil, Ricky/Rexy mampu membalikkan keadaan dan membawa pulang medali emas. Mereka sukses mengumandangkan lagu Indonesia Raya di GSU Sports Arena, Atlanta, Amerika Serikat (AS), pada 1996.

Itu tadi kisah Ricky Subagja/Rexy Mainaky, mantan ganda putra Indonesia yang sukses raih emas Olimpiade 1996 usai kalahkan rival terberat asal Malaysia. Semoga artikel ini menambah pengetahuan pembaca.

 

(Sumber)