Takumi Minamino Sedih Gagal Antisipasi Lemparan Pratama Arhan Sehingga Jadi Gol Sandy Walsh

Timnas Indonesia dikalahkan Jepang 1-3 dalam matchday terakhir Grup D Piala Asia di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar, pada Rabu (24/1). Gelandang serang ‘Samurai Biru’, Takumi Minamino, menyesali timnya kebobolan di menit-menit akhir.

Satu-satunya gol Timnas Indonesia tercipta lewat sepakan Sandy Walsh di menit 90+1. Skemanya diawali lemparan ke dalam Pratama Arhan ke kotak penalti Jepang, sempat terjadi kemelut di udara, lalu bola liar di darat ditendang akurat oleh Walsh.

Minamino merasa bersalah Jepang kebobolan karena gol tersebut. Ia menyesali gagal menghalau bola yang dilemparkan Arhan ke udara.

“Pertama-tama, saya tidak bisa menghalau bola di udara, tetapi saya sempat terpikir tukar posisi dengan pemain lain. Secara pribadi, saya kurang beruntung, tapi saya tidak bisa menghalau bola di area belakang,” ucap Minamino, dikutip dari Hoshi.

“Saya berbicara dengan Yuta [Nakayama–bek tengah] dan berkata, ‘Akan menjadi ide bagus kalau kamu bertukar posisi dengan pemain yang memiliki sundulan kuat’. Lemparan jauhnya [Arhan] melayang lebih jauh dari perkiraan saya,” tambah pemain milik AS Monaco itu.

Dengan hasil ini, Timnas Jepang finis sebagai runner up Grup D dengan 6 poin, sedangkan juara grupnya adalah Irak dengan 9 poin, yang di laga terakhir mengalahkan Vietnam 3-2. Jepang akan menunggu siapa lawan mereka di 16 besar Piala Asia, bisa jadi Yordania atau Korea Selatan.

Di sisi lain, Timnas Indonesia dipastikan menghuni urutan 3 grup D Piala Asia dengan 3 poin. Sekarang, kondisinya Timnas Indonesia berada di posisi keempat dari enam tim dalam daftar tim peringkat tiga yang ada. Laga terakhir Bahrain di Grup E dan Oman di Grup F bisa menentukan nasib Indonesia.

Oman akan melawan Kirgizstan, sedangkan Bahrain bakal menantang Yordania. Kemungkinan Timnas Indonesia lolos ke 16 besar adalah berharap Oman dan Kirgizstan bermain imbang atau Bahrain kalah besar dari Yordania. Dua laga ini akan dimainkan pada Kamis (25/1).(Sumber)