4 Rekor Fantastis Pebulutangkis Indonesia Yang Sulit Dipecahkan

4 rekor fantastis pebulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan akan diulas dalam artikel ini. Salah satunya adalah menjuarai All England hingga 7 kali beruntun!

Indonesia memang memiliki segudang talenta berbakat di dunia bulu tangkis. Ketangguhan mereka sudah dibuktikan lewat banyaknya gelar juara yang diraih.

Beberapa pebulu tangkis Indonesia bahkan sukses mengukir rekor fantastis. Kali ini, Okezone akan mengulik deretan pebulu tangkis itu. Siapa saja mereka? Berikut 4 rekor fantastis pebulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan.

4. Raih Medali Olimpiade Termuda

Mia Audina

Salah satu rekor fantastis pebulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan adalah raih medali Olimpiade termuda. Catatan ini diukir oleh Mia Audina.

Mia Audina diketahui pernah jadi andalan Indonesia di sektor tunggal putri. Dia sukses menyabet banyak gelar juara bergengsi, salah satunya membawa harum nama Indonesia di pentas Olimpiade.

Mia Audina sukses menyabet medali perak Olimpiade Atlanta 1996. Kesuksesannya itu membawa Mia mencatatkan rekor sebagai peraih medali Olimpiade termuda. Pasalnya, usia Mia Audina kala itu baru 16 tahun!

3. Ranking 1 Dunia Termuda

Taufik Hidayat

Tak kalah mentereng dari Mia Audina, pebulu tangkis Indonesia juga sukses mengukir rekor sebagai pemain yang menduduki ranking 1 dunia termuda. Rekor itu diukir oleh legenda bulu tangkis Indonesia di sektor tunggal putra, yakni Taufik Hidayat.

Tepatnya, Taufik Hidayat menjadi pebulu tangkis yang menduduki ranking 1 dunia termuda pada 1999. Kala itu, umurnya baru 19 tahun.

2. Juara Dunia Tertua

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Bukan hanya ukir rekor di usia muda, pebulu tangkis Indonesia juga berhasil unjuk gigi di usia yang senja. Terbukti, ada pebulu tangkis yang sukses mengukir rekor sebagai juara dunia tertua. Rekor ini dicatatkan oleh Hendra Setiawan.

Tepatnya, Hendra Setiawan menjadi juara dunia pada 2019. Duetnya dengan Mohammad Ahsan di sektor ganda putra sukses besar kala itu karena berhasil mengalahkan sederet lawannya yang masih muda. Kala itu, Hendra juara dunia pada umur 35 tahun.

1. Juara All England 7 Kali Beruntun

Rudy Hartono

Rekor fantastis pebulu tangkis Indonesia yang sulit dipecahkan adalah juara All England 7 kali beruntun. Pencapaian itu diukir oleh Rudy Hartono.

Ya, Rudy Hartono telah menjadi legenda bulu tangkis Indonesia karena sukses mengukir banyak prestasi manis di sepanjang kariernya. Salah satunya adalah menjuarai ajang bulu tangkis bergengsi dan tertua di dunia, yakni All England, sebanyak 7 kali beruntun, yakni pada 1968, 1969, 1970, 1971, 1972, 1973, dan 1974.

(Sumber)