4 Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Periode Januari 2024

Sebagai partai tertua di Indonesia, Partai Golkar cukup produktif dalam persoalan regenerasi dan pengkaderan. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya politisi-politisi muda nan produktif duduk di berbagai tingkat kepemimpinan baik eksekutif dan legislatif dari Partai Golkar.

Sebut saja nama Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo yang menjadi panglima pemberdayaan kepemudaan di tingkatan eksekutif sebagai Menpora RI. Kemudian ada nama lain seperti Dyah Roro Esti, Puteri Komarudin, Ravindra Airlangga, Adrian Jopie Paruntu di tingkatan legislatif pusat, DPR RI.

Nama lebih banyak tersebar di tingkatan kepemimpinan daerah seperti Aditya Halindra Faridzky, Roby Kurniawan, Pilar Saga Ichsan dan Dico Ganinduto sebagai kepala daerah yang memiliki usia relatif muda. Selain itu ada nama Sekar Tandjung, Ilyas Akbar Almadani, Dimaz Raditya Soesatyo, Rob Clinton Kardinal, Adiel Muhammad Kanantha, Ilham Permana dan Rian Ernest bisa jadi mewakili kelompok muda yang masih akan mekar di masa depan.

Karena merasa bahwa masa depan Partai Golkar terproyeksi cerah dengan keberadaan para politisi muda ini, kami redaksi Golkarpedia mencoba menelisik popularitas mereka dengan indikator kuantitas pemberitaan pada waktu periode tertentu, dalam hal ini periode satu bulan pemberitaan.

Pemberitaan bisa menjadi indikator penting dari popularitas seorang figur. Dengan banyaknya pemberitaan maka akan semakin berpotensi pula seseorang dikenal oleh publik. Terlepas dari isu apa yang diwacanakan dalam pemberitaan tersebut, amplifikasi dari penyebutan figur dalam sebuah pemberitaan membuat masyarakat semakin mengenal tokoh tersebut.

Sedangkan untuk figur muda yang kami lakukan riset, sebelumnya kami batasi pada usia 40 tahun. Batas usia 40 tahun ini melebihi ketentuan UU Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yang menyebut bahwa rentang usia muda berada di batas usia 16 sampai dengan 30 tahun. Tetapi kami memiliki alasan bahwa dalam perjalanan karir politik seseorang, pada usia 30 tahun masih belum terlalu panjang dan terlihat di ranah publik.

Berdasarkan hasil riset kami dengan mengambil sampel 15 nama politisi muda Partai Golkar yang berada pada top of mind publik, kami menemukan 4 figur utama politisi muda Partai Golkar yang memiliki jumlah pemberitaan terbanyak pada periode Januari 2024. Untuk figur pertama ada nama Menpora RI, Dito Ariotedjo yang menyandang predikat sebagai politisi muda Partai Golkar terpopuler di bulan Januari 2024.

Pada periode Januari 2024, Dito Ariotedjo memiliki pemberitaan sebanyak 824 berita dengan reach mencapai 3.97 juta jangkauan atas pemberitaan yang dimilikinya. Jabatannya sebagai menteri membuatnya ada dalam posisi menguntungkan untuk menghasilkan banyak pemberitaan. Kami mencatat, tak seharipun website resmi Kemenpora absen untuk mengabarkan aktivitas dan kegiatan Menpora Dito Ariotedjo.

Ditambah dengan amplifikasi dari berbagai media pemberitaan, maka jumlah berita terkait Dito Ariotedjo memang cukup berlimpah. Pada Januari 2024, pria kelahiran 25 September 1990 ini banyak disorot mengenai kehadiran Dito Ariotedjo dalam sidang kabinet paripurna terkait peningkatan kinerja ASN melalui keterpaduan layanan digital pemerintah.

Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar ini juga tercatat memiliki banyak sorotan pemberitaan tanggapannya mengenai kondisi internal kabinet yang dipimpin oleh Presiden Jokowi menyusul isu yang mengatakan adanya keretakan di dalam kabinet. Selanjutnya ada pemberitaan tentang rumor pemotongan bonus atlet Asian Para Games.

Di posisi kedua ada nama Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. Untuk periode Januari 2024, politisi muda Partai Golkar asal Sulawesi Utara tersebut memiliki pemberitaan sebanyak 297 berita dengan jangkauan mencapai 966.201 reach sepanjang periode tersebut.

Pemberitaan terkait Jerry Sambuaga diantaranya adalah diskusi yang dilakukan Wamendag dengan para pelaku usaha di Surabaya untuk menyempurnakan penunjang kegiatan usaha. Lalu giat Wamendag Jerry Sambuaga meresmikan Factory Outlets Cikarang Trade Center di Kota Jababeka juga menjadi perhatian publik.

Berita lainnya tentang kunjungan Wamendag Jerry Sambuaga ke PT Bakrie Pipe Industries (BPI) di Bekasi untuk memastikan penggunaan kandungan dalam negeri sebesar 60%. Serta pernyataan Wamendag Jerry Sambuaga, terkait dengan ketersediaan stok pangan menjelang Ramadhan yang dipastikan aman.

Wakil Walikota Tangsel, Pilar Saga Ichsan menjadi sosok politisi muda Partai Golkar terpopuler yang berada di urutan ketiga. Pria kelahiran 14 Mei 1991 ini cukup mendapat banyak pemberitaan pada Januari 2024. Total ada 178 pemberitaan dengan reach sebesar 136.753 jangkauan yang menyebut namanya selama periode satu bulan.

Pemberitaan mengenai Pilar Saga Ichsan di antaranya adalah mengenai peninjauan yang dilakukan olehnya saat Kota Tangsel dikepung banjir pada 7 Januari 2024 lalu. Selain melakukan peninjauan, Pilar Saga Ichsan juga memberikan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Sorotan berita lainnya adalah mengenai pembangunan alun-alun Pamulang yang digagas olehnya dan kini ramai menjadi destinasi warga menghabiskan waktu luang. Selanjutnya adalah dukungan Pilar Saga Ichsan mengenai keberadaan bank sampah di Kota Tangsel yang bisa mengurangi kuantitas sampah sebanyak 30 persen.

Politisi muda Partai Golkar terpopuler keempat diisi oleh nama anggota anggota Komisi IV DPR RI, Ravindra Airlangga. Komisi ini membidangi lingkup tugas pertanian, lingkungan hidup dan kehutanan, serta kelautan. Untuk periode Januari 2024, Ravindra Airlangga memiliki sebanyak 164 pemberitaan. Jangkauan yang dihasilkan dari pemberitaan sebanyak itu mencapai 734.976 jangkauan.

Nama Ravindra banyak tersorot atas kegiatan rapat konsolidasi akbar Partai Golkar di Stadion Pakansari, Bogor pada 6 Januari 2024 lalu. Saat itu, Ravindra Airlangga menjadi pusat sorotan pemberitaan dan motor kegiatan. Selanjutnya di tanggal 23 Januari 2024, Ravindra Airlangga turut hadir dalam kegiatan pelatihan yang digelar oleh Kementerian KKP RI. Dalam kesempatan itu, Ravindra memaparkan bahwa Kabupaten Bogor memiliki potensi perikanan yang cukup besar.

Pemberitaan lainnya adalah saat Ravindra Airlangga menyambangi tokoh senior Partai Golkar Kabupaten Bogor, Moch Rusdi. Dalam kesempatan itu, Ravindra Airlangga yang ditemani Moch. Rusdi mendapat wejangan berharga agar Kabupaten Bogor kembali menguning di Pemilu 2024.

Kami menempatkan 4 orang tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler dari sekian banyak nama yang kami lakukan riset. Pengambilan jumlah sebanyak 4 tokoh yang dipublikasi ini semata-mata untuk mengkampanyekan nomor urut Partai Golkar agar menjadi top of mind di masyarakat.

Daftar 4 tokoh politisi muda Partai Golkar terpopuler ini dapat terus berubah seiring waktu, sesuai dengan jumlah publikasi serta pemberitaan yang mereka peroleh pada periode waktu tertentu, dalam hal ini selama satu bulan. Diharapkan dengan adanya riset ini, generasi muda di Partai Golkar lebih dapat berkarya mengisi ruang-ruang diskursus publik dan menunjukkan taji bahwa memang Partai Golkar gudangnya anak muda inovatif dan kreatif.

Politisi Muda Partai Golkar Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan Periode Januari 2024

Dito Ariotedjo
Menteri Pemuda dan Olahraga RI
Ketua Badan Kreativitas dan Inovasi DPP Partai Golkar
Total: 824 Pemberitaan
Reach: 3,97 juta jangkauan

Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan RI
Ketua Umum DPP AMPI
Total: 297 Pemberitaan
Reach: 966.201 jangkauan

Pilar Saga Ichsan
Wakil Walikota Tangerang Selatan
Ketua PD AMPG Banten
Total: 178 Pemberitaan
Reach: 136.753 jangkauan

Ravindra Airlangga
Anggota Komisi IV DPR RI
Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DPP Partai Golkar
Total: 164 Pemberitaan
Reach: 734.976 jangkauan {golkarpedia}