Hasrat 3 Pembalap Ini Ingin Lampaui Rekor Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di MotoGP 2024

TIGA pembalap tengah berambisi melampaui rekor Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pada MotoGP 2024. Dari tiga nama itu, tidak ada Marc Marquez!

Salah satu rekor adalah menjadi pembalap pertama yang meraih kemenangan dengan tiga pabrikan berbeda. Sejak 2002, belum ada pembalap yang mengklaim kemenangan dengan menggunakan tiga motor berbeda.

Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez di MotoGP Malaysia 2015 (Foto: MotoGP)

Sejauh ini ada Rossi, Lorenzo, Alex Rins, Maverick Vinales, dan Jack Miller yang sukses mengoleksi dua gelar dengan pabrikan berbeda. Karena dua nama awal sudah pensiun, maka sisanya masih berpeluang untuk memecahkan rekor.

Terlebih, ketiga pembalap itu memenuhi syarat untuk mengendarai motor pabrikan berbeda. Rins sejauh ini sudah meraih kemenangan bersama Suzuki dan Honda. Pada musim ini, ia menjalani karier bersama Yamaha.

“Kami ingin membawa Yamaha kembali ke puncak dan ya, saya meraih kemenangan bersama Suzuki dan Honda, dua pabrikan berbeda, sekarang saya punya peluang (untuk tiga kemenangan),” ucap Rins, dikutip dari Crash, Minggu (3/3/2024).

“Sejujurnya, (menjadi yang pertama menang dengan tiga motor) bukanlah sesuatu yang selalu ada di kepala saya. Karena masih banyak hal yang harus kita pikirkan. Tapi yang pasti saya akan memberikan yang maksimal. Saya akan menjalani balapan demi balapan dan melihat peluang apa yang kami miliki,” lanjut pria asal Spanyol itu.

Selanjutnya, ada Vinales yang sudah meraih kemenangan bersama Suzuki dan Yamaha. Kini, ia pun sedang mengejar kemenangan lainnya bersama Aprilia yang sudah bergabung sejak pertengahan 2021.

“Merupakan mimpi untuk menjadi yang pertama menang bersama tiga pabrikan (MotoGP),” kata Vinales saat pindah bergabung bersama Aprilia.

Selain itu, Miller juga bersaing untuk mendapatkan kemenangan ketiga bersama tiga tim berbeda. Ia sudah sukses meraih kemenangan bersama Honda saat di tim Marc VDS dan Ducati. Sejak 2023, pria asal Australia itu mengendarai motor KTM.

“Ini adalah hal yang luar biasa untuk dipertimbangkan. Saya senang. Saya sangat berharap kami bisa. Kami akan berusaha keras minggu demi minggu untuk menyukseskannya. Saya telah meraih kemenangan dua (dengan dua pabrikan). Sekarang saya menginjak yang ketiga, jadi kami akan mencobanya,” tukas Miller.

Jack Miller (Red Bull KTM) melaju di Sirkuit Silverstone untuk MotoGP Inggris 2023 (Foto: Twitter/@jackmilleraus)

Rossi sendiri sudah meraih total 79 kemenangan bersama Honda dan Yamaha sebelum pindah ke Ducati pada 2010-2011. Sayangnya saat bersama Ducati, ia tidak mampu meraih kemenangan dengan Desmosedici.

Sementara Lorenzo juga merebut kemenangan di Yamaha dan Ducati. Namun, ia gagal mencapai ‘triple’ karena musim yang buruk di Repsol Honda pada 2019.