Tekno  

Windows Segera Luncurkan PC Pertama Bertenaga AI

Perangkat komputer yang dibekali teknologi kecerdasan buatan Windows, Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6, diperkirakan akan mulai diperkenalkan pada 21 Maret mendatang.

Microsoft menyebut sistem ini sebagai PC AI pertamanya, seperti yang dicatat oleh Windows Central.

Dikutip dari Engadget, Kamis (7/3), perangkat tersebut akan dilengkapi dengan prosesor baru berbasis Intel Core Ultra atau Qualcomm Snapdragon X Elite, lengkap dengan unit pemrosesan saraf (NPU) terbaru untuk meningkatkan kemampuan AI.

Mereka dikatakan kira-kira menyamai iPad Pro dan MacBook Pro dalam hal efisiensi dan kinerja.

Surface Pro 10 dan Surface Laptop 6 digadang-gadang menjadi salah satu mesin pertama yang mendukung fitur AI yang akan datang di Windows 11.

Seiring dengan dukungan Copilot pada perangkat, fungsi-fungsi ini diharapkan mencakup teks dan terjemahan langsung secara real-time, juga peningkatan untuk game, perataan kecepatan bingkai, peningkatan Efek Windows Studio, dan sesuatu yang (setidaknya untuk saat ini) disebut AI Explorer.

Windows Central menginformasikan bahwa AI Explorer akan menjadi fitur yang membedakan antara PC AI dan komputer biasa. Fitur ini akan berfungsi di semua aplikasi dan memungkinkan Anda menelusuri dokumen, halaman web, gambar, dan obrolan menggunakan bahasa sehari-hari.

Fitur ini diyakini akan membuat riwayat apa pun yang Anda lakukan di komputer dan membuatnya dapat dicari. Alat tersebut mampu memahami konteks dan menyarankan tugas berdasarkan apa yang ada di layar.

AI Explorer juga diharapkan mendukung pengeditan gambar berbasis teks. Menurut laporan , fitur-fitur AI ini kemungkinan akan diluncurkan sebagai bagian dari pembaruan 24H2 musim gugur ini untuk Windows 11.

Kedua perangkat baru Windows tersebut memiliki daya tahan baterai sepanjang hari.

Surface Pro 10 memiliki webcam ultrawide menghadap ke depan dan pembaca NFC. Sementara Surface Laptop 6 diyakini memiliki desain ulang yang lebih signifikan dibandingkan pendahulunya.

Seiring dengan bezel yang lebih tipis dan sudut membulat, perangkat ini diharapkan memiliki touchpad haptic, tombol khusus untuk Copilot , dan sekelompok port yang diperbarui.(Sumber)