News  

CSIS: Gedung Putih Kenal Baik Dengan Prabowo

Amerika Serikat terlihat ingin menunjukkan kedekatan dengan calon presiden RI, Prabowo Subianto. Ini terlihat saat Presiden AS, Joe Biden menyampaikan ucapan selamat kepada Prabowo atas keunggulan sementara di Pilpres 2024.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Gedung Putih kenal baik Prabowo. Ia beberapa kali datang ke Washington, sejak kunjungan ke Pentagon pada 2019,” kata analis Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Greg Poling dalam keterangannya, Sabtu (16/3).

Greg memandang, ucapan Joe Biden tersebut juga bisa diartikan sebagai dukungan AS kepada Indonesia. AS, kata Greg, ingin memprioritaskan Indonesia sebagai mitra di Asia Tenggara.

“Pemerintah Biden jelas memprioritaskan Indonesia, setara dengan Vietnam dan Filipina, sebagai mitra AS di tingkat teratas untuk Asia Tenggara,” sambungnya.

Selain ucapan selamat, ada poin lain yang disampaikan Joe Biden melalui Duta Besar Amerika Serikat untuk ASEAN, Yohannes Abraham pada Kamis (14/3). Salah satunya adalah sorotan terhadap peran Prabowo sebagai Menteri Pertahanan RI.

Melalui surat dengan kop resmi Gedung Putih, tertanggal 12 Maret 2024, Biden juga mengapresiasi hubungan Indonesia dan AS yang makin erat, selama 75 tahun belakangan.(Sumber)