Perjalanan Hijrah Marcell Siahaan: Sempat Agnostik, Mualaf dan Punya Nama Dari Asmaul Husna Hingga Rilis Lagu Reliji

Perjalanan mualaf penyanyi Marcell Siahaan bukan hal yang sederhana. Ia mengungkapkan pernah menjadi agnostik sampai kini bahkan memiliki nama Islam dari Asmaul Husna.

Penyanyi bersuara lembut Marcell Siahaan memutuskan untuk masuk Islam atau menjadi mualaf sejak 2012.

Menjadi mualaf bagi Marcell Siahaan bukanlah hal yang instan. Ia sempat mempelajari banyak agama sebelum akhirnya memutuskan untuk masuk Islam.

Bahkan, sebelum menjadi mualaf, Marcell Siahaan pernah berganti agama dari Kristen menjadi Buddha di tahun 2003.

Marcell Siahaan mengaku, saat belum menjadi mualaf dan masih beragama Buddha ia mengalami perjalanan spiritual yang cukup rumit.

Lalu, bagaimana perjalanan spiritual Marcel Siahaan hingga akhirnya memutuskan untuk masuk Islam atau menjadi mualaf?

Dikutip dari berbagai sumber, Marcell Siahaan mengungkapkan dirinya menjadi mualaf setelah menjalani masa-masa mencari Tuhan.

“Kita itu masing-masing sedang mencari jembatan untuk bisa berkomunikasi dengan sang Khalik. Gue terus mencari cara menjembatani bagaimana caranya gue bisa benar-benar intim dengan Dia,” kata Marcell, saat menjadi bintang tamu dalam YouTube Daniel Mananta.

Ia mengungkapkan, saat menjadi pemeluk agama Buddha ia merasa masih terus mencari cara untuk mendekatakan diri kepada Sang Pencipta.

Akhirnya, ia semakin dalam mempelajari banyak agama. Ia bahkan mengaku pernah menjadi agnostik karena belum memutuskan agama yang paling ia yakini.

Kemudian, penyanyi lagu Firasat ini mencoba untuk mempelajari semua agama melalui media-media di sekitarnya.

“Kala itu, gue menonton fragmen-fragmen Katolik, Protestan, Hindu, Buddha, hingga Islam,” kata Marcell menjelaskan.

Setelah bercerai dengan Dewi Lestari di tahun 2008, Marcell Kemudian menikah lagi dengan model Rima Melati Adams.

Dua tahun setelahnya, Marcell akhirnya memutuskan untuk mantap menjadi seorang mualaf.

Namun, ia mengungkapkan keputusannya menjadi seorang mualaf bukan karena didesak oleh sang istri. Seperti diketahui Rima Melati Adams beragama Islam.

Pemilik nama asli Marcellius Kirana Hamonangan Siahaan ini mengatakan dirinya memang sudah perlahan tertarik dengan Islam sampai memutuskan berpindah agama.

Meskipun demikian, dirinya menjelaskan sang istri memang banyak membantunya untuk akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang muslim.

“Dia menunjukkan Islam dengan caranya sendiri. Dia juga memperlihatkan bagaimana keluarganya menerapkan agama Islam dan itu membuat gue nyaman,” ujar dia.

Miliki Nama Islam
Menjadi seorang mualaf, bagi Marcell juga dibarengi dengan dirinya memiliki nama lain yang berbau Islam.

Kini, penyanyi yang satu ini memiliki nama Islam yakni Abdul Matin. Adapun nama ‘Matin’ diambil dari Asmaul Husna Al Matin, yang berarti yang Maha Kokoh.

Mantap Beragama Islam dan Rilis Lagu Religi
Marcell Siahaan tawakal

Sudah lebih dari 10 tahun penyanyi berdarah Batak ini menjadi seorang mualaf bersama keluarga kecilnya.

Pada Maret 2024 lalu, ia juga merilis lagu religi berjudul Tawakal. Lagu ini mengkisahkan tentang bagaimana kita harus berserah diri kepada Allah SWT.

Dinyanyikan dengan suara lembut yang khas, lagu Tawakal cocok untuk didengarkan pada bulan suci Ramadhan kali ini sambil merefleksikan diri.

Saya berharap dengan dirilisnya lagu Tawakal ini kembali mengingatkan kita bahwa kita umat Islam adalah ummatan wasatan umat pertengahan yang selalu menjaga keseimbangan antara habluminannas dan habluminallah,” kata Marcell melalui akun Instagram miliknya. (Sumber)