Philippe Troussier Dipecat Usai Vietnam Kalah 0-3 Dari Indonesia di Kandang Sendiri

Nasib nahas diterima pelatih Vietnam, Philippe Troussier. Pelatih asal Prancis itu dipecat usai timnya tumbang dari Indonesia dengan skor 0-3 di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3) malam WIB.

Menurut laporan VnExpress, Troussier dipecat dua jam usai timnya tumbang. Pemecatan dilakukan usai federasi sepak bola Vietnam (VFF) mengadakan pertemuan.

“Kami sudah selesai melakukan pertemuan dan kami sepakat untuk memutus kontrak Troussier,” ucap Sekjen Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Duong Nghiep Khoi.

Indonesia memang jadi kutukan untuk Troussier. Dari lima pertemuan, Troussier selalu kalah saat bertemu Timnas Indonesia.

Kekalahan perdana Troussier dari Indonesia terjadi saat pelatih asal Prancis itu menangani Timnas Qatar pada Piala Asia 2004. Indonesia yang saat itu dilatih oleh Ivan Kolev berhasil memetik kemenangan 2-1 dalam laga fase grup.

Lalu, saat membesut Timnas Vietnam ini merupakan 4 kekalahan beruntun Troussier dari Indonesia. Pertama, skuad muda Vietnam bertekuk lutut usai dikalahkan 2-3 oleh Timnas U-23 Indonesia yang dilatih oleh Indra Sjafri pada semifinal SEA Games 2023.

Kemudian, Piala Asia 2023 di Qatar beberapa waktu lalu menjadi kekalahan kedua Troussier dari skuad ‘Garuda’ dalam menukangi Timnas Vietnam. Gol tunggal Asnawi Mangkualam lewat titik putih membuat Timnas Indonesia berjaya.

Kekalahan berikutnya terjadi pada laga matchday ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Kamis (21/3) lalu. Indonesia menang 1-0 atas Vietnam berkat gol semata wayang Egy Maulana Vikri.

(Sumber)