Ini Daftar 8 Caleg DPR RI Terpilih Dari Partai Golkar Asal Sumsel, Bengkulu, Babel dan Lampung

Partai Golkar berhasil mendulang 8 kursi DPR RI dari 4 provinsi di Pulau Sumatera. Keempat provinsi tersebut adalah Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung dan Lampung.

Berdasarkan data Golkarpedia, 8 kursi DPR RI Partai Golkar dari provinsi-provinsi tersebut tak mengalami penambahan atau pengurangan jika dibandingkan dengan Pemilu 2019 lalu.

Hanya saja, terjadi pergeseran dari Caleg-Caleg Partai Golkar DPR RI yang terpilih di Pemilu 2024 ini. Tercatat ada 5 pendatang baru yang lolos dan 5 petahana gagal ke Senayan.

Pada Dapil Sumsel I, terdapat 1 tambahan kursi DPR RI. Selain Kahar Muzakir yang merupakan petahana, Caleg wajah baru, Yudha Novanza Utama berhasil meraih kursi kedua bagi Partai Golkar.

Sedangkan di Dapil Sumsel II, dari yang sebelumnya terdapat 2 kursi dari Dapil ini, di Pemilu 2024, Partai Golkar hanya kebagian 1 kursi atas nama Dewi Yustisiana.

Dewi Yustisiana berhasil menyisihkan petahana yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Sumsel, Bobby Adhitya Rizaldi dan petahana lain, Tofan Maulana.

Menariknya, Dewi Yustisiana merupakan putri dari Kahar Muzakir yang juga lolos dari Dapil Sumsel I. Selain Dewi Yustisiana, satu anak Kahar Muzakir lainnya, Doni Akbar juga berhasil melenggang ke Senayan dari Dapil Jawa Tengah X.

Selain Provinsi Sumsel, satu petahana lainnya juga tumbang dari Dapil Bengkulu. Jika di Pemilu 2019, kursi DPR RI dari Dapil Bengkulu diduduki oleh Mohammad Saleh, pada Pemilu 2024 ini Derta Rohidin berhasil meraih suara terbanyak dan berhak duduk di DPR RI. Derta adalah istri dari Ketua DPD I Partai Golkar Bengkulu yang juga Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah.

Tumbangnya petahana juga mewarnai raihan kursi DPR RI Partai Golkar dari Dapil Lampung. 2 petahana harus tumbang dari 2 Dapil di Provinsi Lampung. Kedua petahana tersebut adalah Sekjen DPP Partai Golkar Lodewijk F. Paulus dan Riswan Tony. Posisi kedua petahana tersebut tergantikan oleh Rycko Menoza dan Aprozi Alam.

Sedangkan Dapil Bangka Belitung tidak ada perubahan. Nama Bambang Patijaya kembali terpilih dari Dapil Babel untuk periode keduanya dari Dapil ini.

Untuk lebih lengkapnya, redaksi Golkarpedia menyajikan Caleg Partai Golkar DPR RI terpilih beserta raihan suaranya dari Provinsi Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung. Berikut daftarnya:

Provinsi Sumsel: 3 Kursi

  1. Kahar Muzakir (Dapil Sumsel I)
    185.597 Suara
  2. Yudha Novanza Utama (Dapil Sumsel I)
    123.382 Suara
  3. Dewi Yustisiana (Dapil Sumsel II)
    115.429 Suara

Provinsi Bengkulu: 1 Kursi

  1. Derta Rohidin (Dapil Bengkulu)
    136.113 Suara

Provinsi Bangka Belitung: 1 Kursi

  1. Bambang Patijaya (Dapil Babel)
    87.970 Suara

Provinsi Lampung: 3 Kursi

  1. Rycko Menoza (Dapil Lampung I)
    53.813 Suara
  2. Hanan A. Rozak (Dapil Lampung II)
    93.470 Suara
  3. Aprozi Alam (Dapil Lampung II)
    55.508 Suara {golkarpedia}