Tekno  

Facebook Rombak Tampilan Video Player, Kini Makin Mirip TikTok

Platform media sosial Facebook mengumumkan telah mengubah tampilan videonya untuk aplikasi ponsel. Menariknya tampilan baru ini makin mirip sang pesaing, TikTok.

Facebook menjelaskan kalau tampilan video vertikal baru ini berlaku untuk konten Reels (yang merupakan pesaing TikTok), video durasi panjang, hingga konten Live.

“Kami memperkenalkan video player terbaru di Facebook yang menyatukan Reels, video durasi panjang, dan konten Live, semuanya dalam satu layar penuh,” kata Facebook, dikutip dari Gadgets360, Kamis (4/4/2024).

Tampilan baru ini akan hadir untuk pertama kali di aplikasi versi iOS dan Android untuk pengguna di Amerika Serikat dan Kanada. Sementara untuk negara lain termasuk Indonesia, format ini akan hadir dalam beberapa bulan ke depan.

Facebook sebenarnya sudah menawarkan tampilan layar penuh untuk semua jenis video. Namun pembaruan ini nantinya akan mengubah semua video dalam layar penuh tapi formatnya vertikal.

Nah di tampilan vertikal ini pengguna bisa menyukai video (like), komentar, membagikan (share), dan mengirimnya langsung ke kontak Messenger di sisi kanan.

Meskipun ditampilkan dalam versi vertikal, Facebook juga menyediakan opsi horizontal apabila format video hadir secara menyamping. Aplikasi ini pun menyediakan kontrol lebih baik untuk menavigasi video.

Misalnya, pengguna bisa melihat opsi untuk jeda (pause) video atau mempercepat ataupun memundurkannya dalam 10 detik. Pengguna juga bisa melompat ke bagian tertentu dengan cara menggeser baris durasi video.

Facebook pun juga mengubah rekomendasi video, yang kini bakal menampilkan konten sesuai minat pengguna.

(Sumber)