News  

3 Tips Jaga Kesehatan dan Kebugaran Selama Mudik Lebaran

Menjelang libur lebarang seperti sekarang ini, tentunya banyak orang yang akan melakukan perjalanan pulang kampung atau yang dikenal dengan nama mudik.

Mudik merupakan salah satu tradisi di Indonesia yang hampir pasti dilakukan oleh masyarakat yang memiliki kampung halaman atau orang-orang yang tengah merantau.

Umumnya orang-orang akan melakukan perjalanan mudik dengan kendarana pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Bisa pula dengan kendaraan pribadi seperti bus, kereta api, pesawat ataupun kapal.

Sebelum melakukan perjalanan mudik, tentunya harus banyak persiapan yang dilakukan guna mempersiapkan diri di perjalanan.

Tentunya menjaga kondisi fisik yang baik menjadi salah satu kunci agar kita bisa menjalani mudik lebaran dengan nyaman, sehat dan tentram.

Berikut ini ada beberapa tips kesehatan yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima saat mudik lebaran.

1. Perhatikan Asupan Nutrisi

Melansir dari artikel berjudul “Tips to Keep You Regular While Traveling”, ketika seseorang melakukan perjalanan jauh, tentunya perlu diperhatikan asupan makanan apa saja yang harus dipenuhi agar tubuh merasa prima dan bugar.

Hal tersebut juga berlaku ketika orang sedang melakukan perjalanan mudik yang umumnya bisa memakan waktu berjam-jam atau beberapa hari.

Usahakan kamu memenuhi asupan makanan bernutrisi sebelum berangkat mudik. Kamu bisa mengonsumsi makanan kaya protein, karbohidrat dan juga serat guna menjaga tubuhmu tetap dalam kondisi terbaik saat melakukan perjalanan mudik.

Jangan lupa pula untuk tetap menjaga asupan kadar cairan dalam tubuhmu agar kamu dapat menjaga sistem metabolisme di dalam dirimu.

2. Istirahat yang Cukup

Menyadur laman halodoc.com, perjalanan mudik yang lama tentunya akan menguras kondisi fisik dalam tubuh.

Oleh karena itu, waktu istirahat yang cukup dapat menjadi kunci dari kenyamanan dan kebugaran saat menjalani perjalanan mudik.

Sehari atau setidaknya 12 jam sebelum mudik, kamu bisa beristirahat dengan meluangkan waktu untuk tidur.

Selain itu, apabila kamu melakukan perjalanan mudik dengan mandiri, usahakan menyempatkan diri waktu untuk beristirahat sejenak saat lelah. Paling tidak beristirahatlah dengan kurun waktu 1-2 jam bila tubuh sudah merasa kantuk atau lelah.

3. Bawa Perlengkapan Obat-obatan Pribadi

Tips ketiga ini bisa dilakukan secara opsional apabila diperlukan. Saat perjalanan mudik, kamu tentunya perlu mempersiapkan beragam keperluan di perjalanan. Salah satunaya adalah obat-obatan pribadi.

Obat-obatan pribadi yang bisa kamu bawa saat perjalanan mudik adalah obat sakit kepala, obat mual dan beberapa multivitamin apabila diperlukan. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan sendiri obat-obatan yang kamu perlukan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani perjalanan mudik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

(Sumber)