Ini 5 Fakta Seputar Jonatan Christie Juara Badminton Asia Championships 2024

fakta Jonatan Christie juara Badminton Asia Championships 2024 menarik diulas. Salah satunya soal kesuksesan Jonatan Christie lanjutkan tren positif usai juara All England 2024.

Ya, Jonatan Christie sukses menyelamatkan wajah Indonesia di pentas Badminton Asia Championships 2024. Sebab, dia jadi satu-satunya wakil tersisa dari Indonesia sejak babak semifinal.

Sebab, wakil lainnya, seperti Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto hingga Gregoria Mariska Tunjung harus berguguran di babak perempatfinal. Sukses menjadi juara, Jonatan Christie pun menorehkan sejumlah catatan menarik.

Apa saja? Berikut 5 fakta Jonatan Christie juara Badminton Asia Championships 2024:

5. Permalukan Tuan Rumah di Final

Jonatan Christie

Salah satu fakta Jonatan Christie juara Badminton Asia Championships 2024 adalah permalukan wakil tuan rumah. Ya, Jonatan memastikan diri merebut gelar juara Badminton Asia Championships 2024 usai mengalahkan wakil China, Li Shi Feng, secara straight game.

Bermain di Ningbo Olympic Sports Center, China, Minggu (14/4/2024) sore WIB, Jojo -sapaan akrab Jonatan Christie- yang tampil ciamik hanya perlu waktu 54 menit untuk menang dua gim langsung dengan skor 21-15 dan 21-16.

Sebelum mengalahkan Li Shi Feng, Jonatan juga mempermalukan wakil tuan rumah lainnya yang bahkan berstatus unggulan pertama. Dia adalah Shi Yu Qi.

Pertemuan kedua pemain itu terjadi di babak semifinal. Jonatan menang usai bertarung sengit rubber game dengan skor 18-21, 21-19, dan 21-12.

4. Lanjutkan Catatan Positif Tunggal Putra Indonesia di Badminton Asia Championships

Jonatan Christie

Fakta lainnya adalah Jonatan Christie sukses melanjutkan catatan positif tunggal putra Indonesia di Badminton Asia Championships. Lolosnya Jojo ke final Badminton Asia Championships 2024 membuat tunggal putra Indonesia selalu berhasil meloloskan wakil ke final Badminton Asia Championships dalam 3 edisi beruntun.

Pada 2022, ada Jonatan Christie yang sukses melaju ke final Badminton Asia Championships. Kemudian, pada 2023, giliran Anthony Sinisuka Ginting yang melesat ke partai puncak. Kini, pada 2024, Jojo kembali tampil di babak final Badminton Asia Championships.

Dari tiga edisi itu, ada dua gelar juara yang berhasil diraih tunggal putra Indonesia di Badminton Asia Championships. Sebelum Jonatan, Anthony Ginting berhasil mempersembahkan gelar juara kepada Indonesia usai mengalahkan wakil Singapura, Loh Kean Yew.

3. Tebus Kegagalan pada 2022

Jonatan Christie

Di urutan ketiga, fakta Jonatan Christie juara Badminton Asia Championships 2024 adalah kesuksesannya menebus kegagalan pada 2022. Diketahui, pada 2022, Jonatan yang sukses melaju ke final sayangnya gagal merebut gelar juara.

Jonatan harus puas hanya menyandang status sebagai runner-up. Pasalnya, peraih medali emas Asian Games 2018 itu kalah dari wakil Malaysia, Lee Zii Jia.

2. Gelar Juara Pertama di Badminton Asia Championships

Jonatan Christie

Lalu, kesuksesan pada 2024 ini membuat Jonatan Christie akhirnya pecah telur dalam merebut gelar juara Badminton Asia Championships. Pasalnya, ini jadi gelar juara pertama yang diraihnya di Badminton Asia Championships.

Jojo pertama kali tampil di Badminton Asia Championships pada edisi 2016. Tetapi, dia gugur di babak kedua kala itu. Absen pada 2017, dia tampil lagi pada 2018. Tetapi lagi-lagi, Jonatan Christie harus menghentikan perjalanan di babak kedua.

Pada Badminton Asia Championships 2019, pencapaian Jonatan bahkan lebih buruk. Dia langsung tersingkir di babak pertama. Setelah ajang ini tak digelar pada dua musim setelahnya, Jonatan bisa tampil ciamik langsung pada gelaran Badminton Asia Championships 2022 dengan menembus babak final.

Lalu, pada Badminton Asia Championships 2023, Jonatan terhenti di babak pertama. Kini, pada 2024, dia bisa merebut gelar juara untuk pertama kalinya.

1. Lanjutkan Tren Positif dari All England 2024

Fakta terakhir adalah kesuksesan Jonatan Christie lanjutkan laju positifnya dari All England 2024. Sebelum menjuarai Badminton Asia Championships 2024, Jojo diketahui berhasil merebut gelar juara All England 2024.

Jonatan memastikan diri jadi juara All England 2024 usai menang perang saudara melawan Anthony Sinisuka Ginting. Laga final dimenangkannya dua gim langsung dengan skor 21-15 dan 21-14.

Setelah itu, Jonatan tak ikut ajang apa pun hingga akhirnya tampil lagi di Badminton Asia Championships 2024. Kini, dia pun menorehkan catatan manis yang sama seperti di All England 2024.

(Sumber)