Ini Daftar 15 Pemain Barcelona Terbaik Sepanjang Sejarah

Bukan hanya Lionel Messi saja, sejak tahun 1920, Camp Nou sudah menghasilkan banyak pemain legenda Barcelona yang menginspirasi banyak orang untuk berkarir sebagai pemain sepak bola.

Perempat final Liga Champions 2023/2024 akan segera digelar pada Rabu, 17 April 2024 yang akan mempertemukan dua klub besar dari Spanyol dan Prancis, yakni Barcelona dan PSG.

Melihat kondisi belakangan ini, klub Barcelona disebut memiliki penilaian yang lebih baik karena mereka berhasil memenangkan lima laga terakhir dan memiliki lini pertahanan yang sangat baik.

Di lain sisi, PSG sedang dalam performa yang kurang bagus. Dalam dua laga terakhirnya, mereka gagal memenangkan pertandingan.

Kondisi semakin tidak stabil dengan ketidakhadiran Kylian Mbappe yang belakangan ini sudah jarang bermain penuh.

Daftar Pemain Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah

Jika berbicara tentang popularitas, klub Barcelona memang sudah lebih dikenal oleh masyarakat luas karena sering mencetak pemain sepak bola terbaik sepanjang sejarah.

Ya, sejak tahun 1920-an, Barcelona sudah memiliki banyak pemain yang memiliki bakat dan keahlian yang baik dalam permainan sepak bola.

Sampai sekarang, mereka masih terus mempertahankan citranya tersebut dengan menghasilkan pemain-pemain yang luar biasa.

Penasaran siapa saja pemain terbaik Barca sepanjang sejarah? Berikut daftar legenda Barcelona yang dikutip dari situs resminya:

1. George Pattullo

Pemain legenda Barcelona, George Pattullo
Pemain legenda Barcelona, George Pattullo (Photo: FC Barcelona)

George Pattullo adalah pemain penyerang asal Skotlandia yang memulai karir sepak bola di Barcelona pada tahun 1910, setelah ditemukan oleh Joan Gamper.

Berdasarkan catatan karirnya di situs resmi Barcelona, dari tahun 1910-1912, George Pattullo bermain berhasil menyumbang 43 gol dalam 24 pertandingan.

2. Vicenç Martínez

Vicenç Martínez
Vicenç Martínez (Photo: FC Barcelona)

Pemain terbaik Barcelona selanjutnya adalah Vicenç Martínez yang disebut sebagai penyerang terbaik selama hampir satu dekade di situs resmi Barcelona FC.

Legenda Barcelona yang dijuluki Cabecita (Little Boss) ini memang dilahirkan untuk mencetak gol.

Berdasarkan catatan resminya, Vicenç Martínez telah menyumbang 203 gol dalam 285 pertandingan dari tahun 1915-1923.

3. Agustí Sancho

Agustí Sancho
Agustí Sancho (Photo: FC Barcelona)

Berdasarkan catatan yang tertulis di website resminya, Agustí Sancho adalah pemain gelandang terbaik yang memberikan segalanya yang dia miliki di lapangan.

Selain di Barcelona, ia juga bermain di tim nasional Spanyol ini dan menjadi pemain pertama yang memenangkan perak di Olimpiade Antwerp 1920.

Memiliki jasa yang sangat besar dalam menjaga pertahanan tim, Barcelona memberikan penghormatan khusus kepadanya di lapangan Les Corts pada 17 Juni 1928 dalam acara penghormatan pensiunnya.

4. Vicenç Piera

Vicenç Piera
Vicenç Piera (Photo: FC Barcelona)

Vicenç Piera atau dikenal dengan julukan “The Witch” adalah pemain legenda Barcelona yang dinobatkan sebagai pemain sayap kanan terbaik dalam sejarah sepak bola Spanyol.

Ia terkenal memiliki keahlian khusus, terutama dari aspek teknik permainan bola, kecepatan, dan sundulan yang dijamin menghasilkan sebuah gol.

Berdasarkan catatan resmi, Vicenç Piera bermain di klub Barcelona sejak tahun 1920-1933 yang berhasil menyumbang 133 goal dalam 478 pertandingan.

5. Ángel Arocha

Ángel Arocha
Ángel Arocha (Photo: FC Barcelona)

Berbicara tentang pemain terbaik Barcelona, nama Ángel Arocha tidak boleh tidak masuk dalam daftar ini.

Bagaimana tidak? Ángel Arocha adalah mesin pencetak gol yang sangat diandalkan oleh Barcelona yang bermain dari tahun 1927-1933.

Dalam waktu lima tahun, ia berhasil menyumbang 236 gol dalam 240 pertandingan.

Dengan kata lain, di setiap pertandingan, Ángel Arocha pasti akan menyumbang satu gol.

6. Antoni Ramallets

Pemain legenda Barcelona, Antoni Ramallets
Pemain legenda Barcelona, Antoni Ramallets (Photo: FC Barcelona)

Pemain legenda Barcelona selanjutnya adalah Antoni Ramallets yang dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik dalam sejarah Barca dan sepak bola Spanyol.

Ramallets pertama kali menjadi kiper resmi Barcelona di tahun 1950-an. Bersama Barcelona, ia berhasil meraih banyak penghargaan di era Five Cups (1951-1953).

Berdasarkan catatan resminya, Antoni Ramallets bergabung di Barcelona sejak tahun 1947-1961 dan bermain di 546 pertandingan.

7. Ladislao Kubala

Ladislao Kubala
Ladislao Kubala (Photo: FC Barcelona)

Berikutnya ada Ladislao Kubala, sosok legendaris Barcelona yang memulai debut pertamanya pada April 1951.

Ladislao memiliki gaya permainan yang sangat luar biasa. Bahkan ia dinobatkan sebagai seorang maestro tendangan bebas dan pemimpin terbaik di lapangan.

Sepanjang karirnya, ia berhasil mencetak rekor gol terbanyak yang pernah dicetak oleh pemain legendaris Barca lainnya.

Selama hampir satu dekade bermain untuk Barcelona (1950-1961), Ladislao berhasil menyumbang 281 gol dalam 357 pertandingan.

8. Ferran Olivella

Ferran Olivella
Ferran Olivella (Photo: FC Barcelona)

Ferran Olivella adalah kapten terbaik dalam sejarah klub Barcelona. Ia juga menjadi salah satu pemain yang banyak bermain untuk klub, dengan total 524 pertandingan.

Dia adalah seorang defender terbaik yang memiliki gaya permainan yang sederhana dengan posisi yang sangat baik.

Walaupun ia hanya menyumbang 1 gol dalam 524 pertandingan, Olivella masih dikagumi oleh para penggemar setia Barcelona sebagai pemain bertahan terbaik sepanjang masa.

9. Diego Armando Maradona

Pemain legenda Barcelona, Diego Armando Maradona
Pemain legenda Barcelona, Diego Armando Maradona (Photo: FC Barcelona)

Siapa yang tidak mengenal Maradona? Para pecinta sepak bola di seluruh dunia, tentu mengenali nama dan sosok pemain legendaris dunia yang satu ini.

Sejak kecil, bakat permainan sepak bola Maradona sudah terlihat sangat jelas melalui kaki kiri emasnya dan keterampilan menggiring bola yang sangat cepat.

Meski hanya bermain selama 2 tahun (1982-1984) dan 45 gol dalam 75 pertandingan, Maradona tetap dicetuskan sebagai pemain legendaris Barcelona.

Baca Juga:

10 Lapangan Mini Soccer di Jakarta dengan Fasilitas Terlengkap

10. Ronaldo de Assís Moreira ‘Ronaldinho’

Ronaldo de Assís Moreira ‘Ronaldinho’
Ronaldo de Assís Moreira ‘Ronaldinho’ (Photo: FC Barcelona)

Ronaldo de Assís Moreira atau biasa dipanggil Ronaldinho adalah pemain penyerang asal Brasil yang bergabung di Barcelona pada tahun 2003 hingga 2008.

Sosok yang mengenakan nomor punggung 10 selama lima musim ini, berhasil mencuri banyak penggemar sepak bola dunia melalui gaya permainannya yang sangat mengesankan.

Sepanjang karirnya bersama Barcelona, Ronaldinho berhasil menyumbang 110 gol dalam 250 pertandingan.

11. Luis Suárez

Luis Suárez
Luis Suárez (Photo: FC Barcelona)

Luis Suárez termasuk salah satu striker terbaik dalam sejarah Barcelona yang diandalkan untuk mencetak gol.

Luis Suárez menarik perhatian klub setelah berhasil memenangkan Golden Boots sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Eropa bersama klub sebelumnya.

Setelah bergabung ke Camp Nou pada musim panas 2014, Luis Suárez berhasil membuktikan kepada klub bahwa ia memang merupakan mesin pencetak gol terbaik yang berhasil menyumbang 210 gol dari 300 pertandingan.

12. Daniel Alves da Silva ‘Dani Alves’

Daniel Alves da Silva 'Dani Alves'
Daniel Alves da Silva ‘Dani Alves’ (Photo: FC Barcelona)

Dani Alves adalah pemain bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Barca. Alves terkenal memiliki kekuatan fisik yang menakjubkan hingga ia mendapat julukan The Tarantula.

Selama delapan musim memakai seragam Barca, ia menjadi pemain penting bagi empat pelatih yang berbeda, Pep Guardiola, Tito Vilanova, Tata Martino, dan Luis Enrique.

Berdasarkan catatan resminya, dari 431 pertandingan bersama Barca, Dani Alves berhasil menyumbang 24 gol.

13. Gerard Piqué

Gerard Piqué
Gerard Piqué (Photo: FC Barcelona)

Selanjutnya ada Gerard Piqué yang merupakan salah satu pemain inti yang dibanggakan oleh FC Barcelona hingga saat ini.

Gerard Piqué adalah bek tengah terbaik yang memiliki karakter dan penguasaan bola yang sangat baik.

Berkat tubuhnya yang tinggi dan besar, ia juga sangat diandalkan dalam perebutan bola di udara dan sering dilibatkan dalam setiap momentum.

Selain menjadi pemain bek terbaik, Gerard Piqué juga dinobatkan sebagai pemain Barca yang sering tampil di banyak pertandingan sebanyak 669 kali dari tahun 2008 hingga 2022.

14. Neymar Da Silva

Neymar Da Silva
Neymar Da Silva (Photo: Transfermarkt)

Datang ke Barcelona pada tahun 2013 di usia 21 tahun, Neymar berhasil memenuhi ekspektasi tinggi kepada tim selama empat musim berturut-turut.

Bersama dengan Leo Messi dan Luis Suárez, ia adalah bagian Brasil dari trisula MSN, kelompok trio penyerang terbaik yang pernah ada yang bersama-sama mencetak 363 gol di antara mereka dalam tiga musim dari 2014 hingga 2017.

Selama lima tahun berkarir di Barcelona, Neymar mendapat kesempatan untuk tampil di 196 pertandingan dan menyumbang 114 gol.

15. Leo Messi

Pemain legenda Barcelona, Leo Messi
Pemain legenda Barcelona, Leo Messi (Photo: Getty Images)

Pemain legenda Barcelona terakhir adalah Leo Messi yang dijuluki sebagai pemain terbaik, pencetak gol terbanyak, dan pemain yang banyak tampil di berbagai pertandingan.

Selama hampir dua dekade bersama Barcelona (2003-2021), Lionel Messi berhasil menyumbang 672 gol dalam 778 pertandingan.

(Sumber)