Tekno  

Meta AI Hadir di WhatsApp dan Instagram, Ini Cara Pakainya

Meta mengumumkan chatbot Meta AI dalam Instagram, WhatsApp, dan Messenger. Awalnya, platform ini diuji coba ke pengguna India dan sebagian Afrika pada September 2023 lalu.
Lantas, Meta AI kini juga mulai menyebar luas ke pengguna Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

“Pengalaman generatif yang didukung AI sedang dalam tahap pengembangan dengan berbagai fase dan tengah menguji sejumlah pengalaman secara publik dalam kapasitas terbatas,” kata juru bicara Meta, dikutip dari Tech Crunch, Rabu (17/4/2024).

Meta AI akan menjawab pertanyaan pengguna dalam chat. Selain itu, chatbot tersebut juga bisa menghasilkan gambar fotorealistik dari perintah teks.

Apple Blokir WhatsApp di iPhone, Perintah Langsung dari China
Tech Crunch melaporkan Meta AI juga dapat digunakan saat pengguna Instagram melakukan permintaan dalam pencarian di platform tersebut.

Meta memang cukup terlambat mengembangkan, bahkan meluncurkan tools yang didukung AI. Banyak raksasa teknologi yang telah menggunakan AI dalam layanan perusahaannya.

Namun, dalam catatan Tech Crunch, Meta punya banyak keuntungan untuk mengejar ketertinggalan. Misalnya keinginan pengguna melihat dan menggunakan tool AI dalam platform Meta yang sudah digunakan sehari-hari.

Basis pengguna Instagram dan WhatsApp yang besar jadi nilai tambah untuk Meta. Perusahaan punya peluang meningkatkan penawaran pada teknologi AI tersebut.

Integrasi pada platform-platform yang dimilikinya juga membuat jangkauannya lebih luas. Ini sudah pasti akan memenangkan pertarungan dengan para pesaingnya.

Meta AI dikembangkan berdasarkan model bahasa besar Meta Llama 3 yang dikembangkan secara internal oleh perusahaan.

Cara menggunakannya mudah, pengguna cukup mengakses platform Meta yang diinginkan. Misalnya di Instagram, pengguna bisa mengakses ikon pesawat kertas atau DM di antarmuka aplikasi.

Selanjutnya, pilih ikon post baru di sisi kanan atas aplikasi. Pilih opsi ‘Create an AI Chat’. Di Indonesia, opsi ini belum tersedia.

Jika sudah bisa, tinggal tekan ‘Meta AI’ dan mulai obrolan bersama AI untuk mencari rekomendasi dan informasi lainnya yang dibutuhkan.(Sumber)