Tekno  

Tak Gratis Lagi! Fitur Lirik Lagu Spotify Kini Berbayar

Spotify akhirnya membatasi fitur lirik lagu kepada para pengguna gratis. Kini pengguna harus berlangganan Spotify Premium apabila ingin melihat lirik lagu.

Sebenarnya platform streaming musik asal Swedia itu sudah mulai membatasi fitur lirik lagu Spotify sejak September 2023 lalu. Namun saat itu hanyalah sebatas uji coba.

Setelah diuji berbulan-bulan, pengguna yang ingin melihat fitur lirik kini harus berlangganan Spotify Premium, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Minggu (5/5/2024).

Fitur lirik lagu Spotify ini sebenarnya bisa digunakan untuk pengguna gratis. Mereka yang tidak berlangganan Spotify Premium hanya tidak bisa memilih lebih banyak lagu dan menikmati musik dengan iklan.

Kebijakan hapus fitur lirik lagu ini sebenarnya masuk akal dari sudut pandang bisnis. Kemungkinan ditariknya fitur ini dibuat agar pengguna lebih banyak berlangganan Spotify Premium.

Dengan demikian pengguna Spotify gratis ini layaknya menikmati radio, bukan aplikasi musik. Sebab mereka tak lagi bisa melihat lirik, playlist acak, hingga dibatasi saat memilih lagu.

Namun bagi kalian yang ingi mendapatkan fitur lebih banyak bisa mengubahnya ke YouTube Music. Platform musik milik Google ini masih menghadirkan lirik lagu dan tidak membatasi musik apabila tidak berlangganan.

Meskipun YouTube Music juga masih memiliki iklan, pengguna masih bisa melewati (skip) iklan tersebut. Hanya saja YouTube Music tidak bisa dialihkan ke latar belakang alias minimize, yang membuat konsumsi baterai lebih boros.

(Sumber)