Atalia Praratya Jadi Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode April 2024

Caleg Partai Golkar DPR RI terpilih dari Dapil Jabar I, Atalia Praratya bercokol di posisi pertama dalam daftar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasar kuantitas pemberitaan periode April 2024. Kali ini Atalia Praratya yang juga merupakan istri dari Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 memiliki banyak pemberitaan terkait berbagai hal, salah satunya wacana dirinya bertarung di Pilkada Kota Bandung.

Ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuknya mengingat Atalia Praratya adalah seorang politisi perempuan. Dunia politik dan perempuan merupakan dua entitas kata yang jarang didengar beriringan. Politik adalah dunia yang dianggap keras, penuh perdebatan dan silang sengketa persepsi, jauh dari sifat perempuan yang dianggap lembut, bersifat keibuan dan mengedepankan perasaan.

Namun seiring perjalanan waktu hingga dunia semakin modern, keberadaan perempuan mulai mengisi segala lini kehidupan, termasuk dunia politik sebagai profesi yang diisi oleh kaum perempuan.

Partai Golkar sendiri memberi porsi penting bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Beberapa nama perempuan hebat berada di Partai Golkar, sebut saja politisi perempuan senior Partai Golkar Popong Otje Djundjunan atau Ceu Popong, lalu ada pula nama Mien Sugandhi yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan era orde baru pada tahun 1993-1998.

Dewasa ini, dunia politik utamanya Partai Golkar mulai diminati secara serius oleh kaum perempuan. Di DPR RI kursi legislatif yang diisi oleh kaum perempuan mencapai 19 jumlahnya. Belum lagi menghitung seberapa banyak perempuan kader Partai Golkar yang menjabat sebagai kepala daerah atau berkiprah dalam bidang lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, kami Golkarpedia.com mencoba melakukan riset terkait dengan siapa saja politisi perempuan Partai Golkar yang dikenal akrab di telinga publik. Atas masifnya nama mereka didengar dan dilihat di berbagai media publikasi, publik akrab mengenal nama para politisi perempuan Partai Golkar ini.

Kami menggunakan indikator pemberitaan bulan April 2024 untuk mengukur popularitas para politisi perempuan ini. Semakin banyak pemberitaan yang tercatat menulis namanya atau mengulas mengenai dirinya, maka semakin populer lah politisi perempuan ini di kurun waktu periode yang kami tentukan.

Di urutan pertama, Golkarpedia.com menemukan nama Atalia Praratya, politisi perempuan Partai Golkar sekaligus Caleg Partai Golkar DPR RI terpilih Dapil Jawa Barat I. Pada Pemilu 2024, Atalia Praratya berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI dengan 234.065 suara. Popularitasnya di Kota Bandung memang sangat tinggi.

Saat Ridwan Kamil memimpin Kota Bandung sebelum menjadi Gubernur Jawa Barat, Atalia Praratya yang menjabat sebagai Ketua TP-PKK Kota Bandung dikenal sebagai ibu dari Kota Bandung. Dalam berbagai kesempatan, Atalia Praratya tak segan untuk turun menyambangi warga, untuk mengecek kondisi mereka.

Popularitas Atalia Praratya berdasar tools yang kami gunakan mendapat predikat terpopuler dengan mengumpulkan 765 pemberitaan selama bulan April 2024. Pemberitaan yang dimilikinya menghasilkan reach mencapai 12,7 juta jangkauan.

Beberapa fokus pemberitaan yang mengulas mengenai Bu Cinta, panggilan akrabnya adalah terkait isu mundurnya ia dari pencalonan Walikota Bandung. Kabar ini telah diklarifikasi oleh Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia yang menyatakan nama Atalia Praratya masih menjadi salah satu calon terkuat di Pilwalkot Bandung.

Pemberitaan lain yang memuat nama perempuan kelahiran 20 November 1973 ini antara lain terkait kabar sang anak perempuan, Zara yang memutuskan melepas hijab saat berada di Inggris untuk menuntut ilmu. Respons Atalia yang dianggap sangat bijak oleh warganet membuat pemberitaan terhadapnya atas isu ini sangat tinggi.

Di urutan kedua ada nama Ketua Umum PP KPPG, Airin Rachmi Diany. Untuk periode April 2024, Airin Rachmi Diany memiliki pemberitaan sebanyak 413 berita di berbagai media online. Sedangkan jangkauan pemberitaan yang dihasilkan oleh Airin sebesar 2,38 juta reach.

Untuk berbagai informasi pemberitaan yang memuat mengenai nama Airin antara lain adalah kegiatan Airin saat bermain bendrong lesung bersama warga masyarakat Pandeglang. Isu lainnya yang tersebar luas di berbagai media pemberitaan adalah mengenai spekulasi siapa bakal calon wakil Gubernur Banten pendamping Airin Rachmi Diany.

Di luar dari persoalan politik, Airin Rachmi juga mendapat pemberitaan populer saat dirinya mengunjungi Pantai Cihara di Kabupaten Lebak, Banten. Saat itu Airin dipuji karena penampilan cantiknya. Selanjutnya ada pemberitaan tentang Airin yang mengambil formulir pendaftaran calon Gubernur Banten di PDIP.

Urutan ketiga, diisi oleh nama Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid. Ia mendapatkan posisi ketiga dengan 230 pemberitaan selama periode bulan April 2024. Reach yang dihasilkan dari pemberitaan miliknya adalah sebesar 1,4 juta jangkauan.

Pemberitaan tentang diri Meutya Hafid antara lain meliputi pujian yang dilontarkan Meutya Hafid terhadap Marsekal Tonny Harjono yang baru dilantik sebagai KSAU TNI AU. Kemudian ada penjelasan Meutya mengenai agenda kehadiran Menhan Prabowo Subianto ke China. Dalam penjelasannya, Meutya menerangkan bahwa kunjungan Prabowo ke China dalam rangka meredam ketegangan di kawasan.

Di tempat keempat ada nama Indah Putri Indriani, Bupati Luwu Utara sekaligus Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Utara. Untuk periode April 2024, Indah Putri Indriani mendapatkan pemberitaan sebanyak 208 berita dengan jangkauan mencapai 716.342 reach.

Pemberitaan terkait Indah Putri Indriani antara lain mengenai sinyal yang diberikan olehnya untuk maju Pilgub Sulsel 2024. Istri dari anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI, Muhammad Fauzi itu juga banyak tersorot atas pernyataannya yang meminta jajarannya untuk melakukan pembenahan dan pembersihan di tempat-tempat strategis dalam Kota Masamba.

Demikian 4 besar tokoh dan politisi perempuan Partai Golkar yang masuk dalam jajaran terpopuler dengan indikator publisitas pemberitaan selama periode tertentu. Kami memangkas jumlah figur yang dipublish dari sebelumnya 10 menjadi hanya 4 dalam rangka turut mensosialisasikan nomor urut Partai Golkar.

Dengan terangkumnya empat besar politisi perempuan Partai Golkar terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan sepanjang bulan April 2024, ada harapan bahwa entitas perempuan dan politik bisa menjalin keakraban yang lebih dalam lagi.

Nyatanya bisa perempuan berkiprah memberi manfaat dalam dunia politik. Karena zaman telah memberi peluang itu, bahwa perempuan bisa maju, bisa berkembang, dan bisa memberi harapan serta inspirasi bagi khalayak banyak.

Politisi Perempuan Partai Golkar Terpopuler Periode April 2024 Berdasar Kuantitas Pemberitaan:

Atalia Praratya
Fungsionaris Partai Golkar
Calon Walikota Bandung
Total: 765 Pemberitaan
Reach: 12,7 juta jangkauan

Airin Rachmi Diany
Ketua Umum PP KPPG
Calon Gubernur Banten
Total: 413 Pemberitaan
Reach: 2,38 juta jangkauan

Meutya Hafid
Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini DPP Partai Golkar
Ketua Komisi I DPR RI
Total: 230 Pemberitaan
Reach: 1,4 juta jangkauan

Indah Putri Indriani
Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Utara
Bupati Luwu Utara
Total: 208 Pemberitaan
Reach: 716.342 jangkauan {golkarpedia}