Airin Rachmi Diany Pilih Maju Pilgub Banten: Ogah Jadi Menteri dan Siap Mundur Dari DPR

Airin Rachmi Diany menyatakan siap mundur dari pencalegan bila ditetapkan sebagai calon Gubernur Banten 2024. Ketua Bidang Perempuan DPP Partai Golkar itu merupakan caleg DPR terpilih dari dapil III Banten.

“Yang pasti saya ikuti mekanisme aturan yang berlaku. Kalau nanti harus mundur ya siap untuk mundur,” kata Airin saat menyerahkan formulir pendaftaran penjaringan bacalon Gubernur Banten di Kantor DPW NasDem Banten, Senin (6/5).

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu melanjutkan, “Intinya ikutin aturan yang berlaku, tapi hari ini kita belum berbicara karena putusan PKPU-nya juga belum ada.”

Sudah Jajaki Parpol

Airin merupakan kader Partai Golkar, lantas mengapa ia berada di NasDem?
“Karena saya ingin untuk bersama-sama, karena pengalaman saya, enggak mungkin kita bisa bekerja sendiri. Kita usaha ikhtiar, ada proses dari bakal calon ke calon, kemudian jika nanti menang dan yang lainnya,” kata Airin.

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu melanjutkan, “Yang pasti kemarin sudah ke PDIP, sudah ke PKB. Dan hari ini ke NasDem dan PAN. Dan kemarin sudah ngambil formulir di PSI.”

Airin menyebut ini bukan “koalisi besar”.
“Bukan koalisi besar, tapi koalisi bersama, karena saya juga belum tentu lolos. Belum tentu juga semua partai bakal mengusung saya,” kata Airin.

Airin Pastikan Tidak ke Kabinet Prabowo-Gibran

Airin yang merupakan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran di Provinsi Banten itu memastikan tidak akan masuk ke kabinet Prabowo-Gibran.

“Sekali lagi amanah adalah hakikatnya sebuah jabatan. Dan hari ini saya berjalannya di Pilgub Banten saja, enggak ke sana (kabinet),” ujar adik ipar Ratu Atut Chosiyah itu.

Airin Caleg Peraih Suara Terbanyak
Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara Pileg 2024, Airin berada di urutan pertama suara terbanyak caleg DPR RI dapil III Banten dengan perolehan 302.878 suara.

Adapun Banten III meliputi wilayah Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan. Jatah kursi untuk Provinsi Banten di DPR yakni 24 kursi, dan untuk dapil Banten III yakni 10 kursi.

(Sumber)