Digadang Jadi Pengganti Mega, Puan Maharani Minta Didoakan

Putri Presiden RI ke lima Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, meminta didoakan ketika disinggung mengenai bursa calon Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP. “Amin, doain saja,” kata Puan di Istana Negara, Jakarta, Senin, 5 Agustus 2019.

Politikus PDIP, Aria Bima, sebelumnya memastikan bahwa dua anak Megawati, yakni Puan dan Prananda Prabowo akan menggantikan ketua umum partai berlambang banteng itu pada 2024.

“Kepemimpinan level pusat yang pasti antara Mas Prananda dan Mbak Puan, mana yang akan ditugaskan Ibu Mega,” kata Aria Bima.

Menurut Aria, semua kader di lapis dua PDIP tidak akan ada yang berbeda pendapat. “Sebab, kami percaya Mas Prananda dan Mbak Puan akan bisa bersinergi menjadi satu, karena ini bukan urusan mereka berdua saja, tapi urusan partai,” ujarnya.

Kongres V PDIP akan digelar di Bali pada 8-10 Agustus 2019. Kongres merupakan agenda penting menentukan pergantian kepemimpinan di tubuh PDIP. Dewan Pimpinan Pusat PDIP memastikan Megawati akan terpilih kembali menajdi ketua umum dalam periode kali ini untuk kelima kalinya. Menurut Aria, legitimasi Megawati masih sangat kuat untuk saat ini. Tugas ke depan adalah menyiapkan calon pengganti Megawati di 2024. [tempo]