Undang Seribu Kiai, Muktamat PKB Bahas Masalah Kebangsaan di Bali

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan mengundang 1.000 kiai dari berbagai daerah pada pelaksanaan Muktamar V yang akan digelar di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali pada 20-22 Agustus 2019 mendatang,

Ketua Panitia Muktamar Lukmanul Khakim menyebut, ada beberapa kegiatan yang turut memeriahkan sebelum pelaksanaan muktamar. Di antaranya seminar Soft Skill Enterpreneur bersama pelaku UMKM se-Provinsi Bali yang digelar Fraksi PKB. “Semua kegiatan ini kita gelar untuk menjadikan Muktamar PKB semakin semarak,” katanya, Minggu, (18/8/2019).

Selain itu, dalam rangkaian Muktamar, PKB juga akan mengumpulkan 1.000 kiai dari berbagai pelosok negeri dalam forum Munas Alim Ulama se-Indonesia. Agenda dalam munas tersebut adalah membahas masalah-masalah kebangsaan baik politik, demokrasi, budaya, serta keagamaan.

Anggota Komisi VI DPR RI ini menambahkan, dalam forum tersebut para kiai juga akan melakukan diskusi terkait dengan argumentasi dalil tentang kepemimpinan nasional yang selaras dengan kultur masyarakat Indonesia.

“Para kiai juga akan membuat rekomendasi kepada pemerintah untuk terus memperkuat basis Islam yang moderat,” urainya.

Diharapkan lewat forum tersebut akan muncul rekomendasi yang dapat menciptakan terwujudnya kehidupan bermasyarakat yang damai tanpa ada permasalahan terkait terorisme, radikalisme, dan intoleransi yang belakangan menjadi isu serius yang dihadapi bangsa ini.

Tidak hanya itu, para ulama yang hadir dalam forum tersebut juga akan menggelar tasyakuran atas pelaksanaan Pemilu 2019, khususnya dengan terpilihnya Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin sebagai pasangan presiden dan wakil presiden Periode 2019-2024. Apalagi, Kiai Ma’ruf yang saat ini menjadi Mustasyar PBNU, sebelumnya merupakan Rais Aam atau pimpinan tertinggi PBNU.

“Tentu ini menjadi pekerjaan rumah dan sekaligus tanggung jawab moral kita semua untuk mengawal dan menyukseskan pemerintahan di lima tahun mendatang,” kata Lukmanul Khakim.

Sementara itu, menjelang pelaksanaan Muktamar V PKB, ribuan atribut partai seperti bendera, banner, dan baliho menghiasi jalan-jalan di wilayah Nusa Dua, Kuta Selatan, Badung.

Hal itu terlihat di sepanjang Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai dan Jalan By Pass Nusa Dua, tampak bendera warna hijau berlogo PKB. Tidak hanya itu, baliho dengan foto Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar dan slogan Melayani Ibu Pertiwi terpasang di hampir setiap 100 meter jalan.

Meski acara Muktamar baru dibuka pada 20 Agustus 2019 mendatang, namun suasana meriah sudah mulai terasa. “Semua atribut sudah terpasang. Tujuannya sebagai alat publikasi kalau PKB ada gawe besar. Karena kita semua tahu bahwa Bali ini merupakan salah satu tempat istimewa yang mejadi pusat perhatian internasional dalam hal wisatanya,” ujarnya.

Menurut Lukman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga dijadwalkan hadir saat acara pembukaan Muktamar. Termasuk para ketua umum partai politik, menteri Kabinet kerja serta para duta besar negara sahabat. [sindonews]