Tekno  

Dibantu Telkomsel, Blue Bird Hadirkan Taksi Berbasis IoT

Telkomsel kolaborasi bersama Blue Bird dengan mengintegrasikan layanan Internet of Things (IoT) di semua tipe armada Blue Bird.

Layanan berbasis awan (cloud-based) ini menghadirkan berbagai fitur seperti argo meter, pengiriman order penumpang, pelacakan posisi (GPS), komunikasi dengan penumpang dan operator pusat, hingga sistem pembayaran.

Dalam kolaborasi ini Telkomsel juga akan menghadirkan IoT Control Center, sehingga Blue Bird punya visibilitas terhadap aset perusahaan, menjaga kualitas layanan, serta memprediksi biaya pengeluaran.
Fakta lainnya

Hingga akhir tahun 2019, layanan IoT ini ditargetkan akan terimplementasi pada 10.000 armada Blue Bird, dan terus meningkat hingga 25.000 armada pada Kuartal II tahun 2020.

Solusi ini juga mampu membaca data-data vital dari kondisi kendaraan, sehingga meningkatkan faktor keamanan dan kenyamanan bagi penumpang.

Inovasi ini akan menjadi solusi pengganti Fleety, perangkat penghitung argo serta penerima pesanan berbasis jaringan 2G yang selama ini dipakai di armada Blue Bird. [techinasia]