Andil Pierre Gasly Dalam Kemenangan Charles Leclerc

Kemenangan Charles Leclerc (Ferrari) pada balapan Formula 1 (F1) GP Belgia 2019 turut didukung oleh semangat yang diberikan Pierre Gasly kepadanya sebelum balapan.

Charles Leclerc sukses mempersembahkan kemenangan pertama bagi Ferrari pada musim ini pada gelaran F1 GP Belgia 2019.

Pembalap asal Monako ini berhasil menjadi yang tercepat pada sesi balapan yang digelar di Sirkuit Spa-Francorchamps, Belgia, Minggu (1/9/2019) malam WIB.

Leclerc pun mendedikasikan kemenangannya ini untuk mendiang Anthoine Hubert yang tewas dalam sesi feature race F2 GP Belgia 2019 sehari sebelumnya.

Pilihan Leclerc ini ternyata turut dipengaruhi oleh pesan emosional yang diberikan pembalap Toro Rosso, Pierre Gasly, kepadanya sebelum balapan.

Pada gelaran F1 GP Belgia 2019 kemarin, Gasly menjalani balapan pertamanya dengan tim Toro Rosso musim ini.

Sebelum paruh musim, Gasly masih membalap di tim Red Bull Racing bersama dengan Max Verstappen.

Namun, pada paruh kedua musim ini, Gasly bertukar posisi dengan pembalap keturunan Thailand, Alexander Albon.

Gasly, yang pernah membalap bersama dengan Leclerc dan Hubert, mengaku memberi pesan khusus kepada Leclerc sebelum memulai balapan.

Dikutip dari Bolasport.com, Gasly menuturkan eratnya hubungan yang terjalin antara dirinya, Leclerc, dan mendiang Hubert.

“Kami bertiga mulai membalap di tahun yang sama,” ujar Gasly menceritakan awal mula perkenalannya dengan Leclerc dan Hubert.

“Anthoine (Hubert) menjuarai Piala Prancis pada 2005. Sejak saat itu, kami semakin mengenal satu sama lain dan tetap membalap sampai sekarang,” ucapnya.

“Seusai kepergian Jules (Bianchi) beberapa tahun yang lalu, meninggalnya Anthoine merupakan kabar duka bagi dunia balap motor Prancis,” kata Gasly.

“Maka, saya berpesan kepada Charles (Leclerc) untuk memenangkan balapan ini demi Anthoine,” ujar Gasly mengungkapkan permintaannya kepada Leclerc.

Walaupun tidak secara langsung berkontribusi pada hasil pertandingan, suntikan semangat dari Gasly ini terbukti mampu melesatkan performa Leclerc pada F1 GP Belgia 2019.

Pembalap asal Monako ini berhasil mempertahankan posisinya di barisan terdepan dan akhirnya meraih kemenangan perdana sepanjang kariernya membalap di F1.

Leclerc juga tertangkap kamera membuat gestur menengadahkan kepala sebagai tanda bahwa dirinya mendedikasikan kemenangan ini untuk sahabatnya, Hubert, yang sudah berada di surga.

Sementara itu, Gasly yang mengawali balapan di posisi 13 mampu memperbaiki posisinya dan finis di urutan ke-9.

Dengan tambahan dua poin yang dibawanya pulang dari Belgia, total Gasly sudah mengumpulkan 65 poin dan untuk sementara menduduki peringkat 6 dalam klasemen driver.

Race berikutnya akan dihelat di Sirkuit Monza, Italia, mulai hari Jumat (6/9/2019) pekan ini. [bolasport]