Sirkuit Monza Pastikan Gelar Balapan F1 Hingga 2024

Sirkuit Monza dipastikan akan menjadi tuan rumah seri balap Formula 1 (F1) GP Italia hingga musim 2024 setelah tercapai kesepakatan kontrak antara Automobile Club d’Italia dengan pihak penyelenggara F1.

Kabar gembira ini diumumkan bertepatan dengan perayaan 90 tahun berdirinya Ferrari yang digelar di kota Milan, Italia, Rabu (4/9/2019) waktu setempat.

Adapun sirkuit yang berlokasi di utara kota Milan ini merupakan salah satu sirkuit tertua di dunia dan telah digunakan untuk menggelar balap mobil sejak tahun 1923.

Sebelumnya, masa depan Sirkuit Monza kurang begitu jelas mengingat kontraknya dengan F1 akan berakhir pada akhir musim ini.

GP Italia memang masih dimasukkan ke dalam kalender musim 2020 yang dirilis oleh F1 beberapa waktu yang lalu.

Namun, dengan pembaharuan kesepakatan selama lima musim yang diumumkan kemarin, teka-teki mengenai masa depan balapan F1 di Sirkuit Monza akhirnya terjawab.

Dikutip Bolasport.com dari Speed Week, CEO F1, Chase Carey, mengaku bahagia dengan kesepakatan ini.

“Saya sangat berbahagia karena kami telah mencapai kesepakatan dengan ACI untuk menyelenggarakan balapan hingga setidaknya musim 2024,” ujar Carey.

“Sejak menjadi tuan rumah Formula 1 tahun 1950, sirkuit ini telah menjadi saksi sejarah, kecepatan, dan gairah. Monza sungguh-sungguh tak tertandingi,” kata dia lagi.

Sementara itu, Presiden ACI, Sticchi Damiani, juga menunjukkan antusiasmenya terhadap pembaharuan kontrak yang telah ditandatangani.

“Bagi saya, kontrak baru ini berasa seperti satu kemenangan Grand Prix. Setelah bekerja keras, akhirnya kami mencapai ‘finis’,” kata Damiani.

“Formula 1 akan tetap digelar di Temple of Speed, di sirkuit tertua dan paling spektakuler di Eropa. Ini adalah kabar yang membahagiakan bagi ACI, Monza, Lombardy, dan olahraga Italia,” ujar Damiani.

Seperti dikatakan oleh CEO F1, Sirkuit Monza telah menjadi tuan rumah balapan F1 sejak tahun 1950.

Dengan demikian, Monza telah menggelar balapan F1 sebanyak 69 kali, lebih banyak dibandingkan dengan sirkuit lain.

GP Italia 2019 akan digelar pada akhir pekan ini, dengan menggelar dua sesi latihan pada hari Jumat (6/9/2019).

Sementara itu, sesi balapan Formula 1 dijadwalkan berlangsung pada hari Minggu (8/9/2019) malam WIB. [bolasport]