Bottas Terkejut Mercedes Mampu Sukses Besar di Rusia

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, sempat merasa tidak yakin timnya akan meraih sukses besar pada balapan Formula 1 (F1) GP Rusia 2019.

Diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Lewis Hamilton sukses mempertahankan dominasi tim Mercedes pada GP Rusia setelah memenangi balapan musim ini di Sochi Autodrom, Minggu (29/9/2019).

Meski sempat tertahan di peringkat ketiga, Lewis Hamilton akhirnya mampu menempati posisi paling depan berkat strategi jitu Mercedes yang mengatur dia untuk menjalani pit stop setelah duo Ferrari di depannya.

Taktik Mercedes tersebut semakin “didukung” setelah sang pimpinan lomba, Sebastian Vettel (Ferrari), gagal menyelesaikan balapan karena masalah mesin.

Kehadiran safety car pun memberi kesempatan Hamilton untuk mempertahankan posisi terdepan dari kejaran para rivalnya, termasuk Valtteri Bottas, yang finis sebagai runner-up.

Kemenangan plus catatan waktu lap tercepat membuat Hamilton membawa pulang 26 poin dari GP Rusia 2019.

Sementara itu, Bottas yang finis kedua mendapatkan 18 poin dan memastikan Mercedes mencatat finis 1-2 lagi.

“Saya kehilangan waktu saat tertahan di belakang para pembalap McLaren saat balapan baru memasuki putaran awal,” ucap Valtteri Bottas, dilansir BolaSport.com dari Tuttomotoriweb.

“Ditambah lagi memakai kompon medium membuat saya tidak bisa melaju dengan cepat,” kata pembalap asal Finlandia itu.

Selain tertolong oleh kehadiran safety car, keputusan Bottas untuk beralih dari ban berkompon medium ke lunak juga membawa dampak cukup besar untuk mendongkrak performa jet daratnya.

“Saya tidak tahu kenapa, tetapi dengan beralih ke ban berkompon lunak, membuat (kecepatan) saya jauh lebih baik,” tutur Bottas.

Lebih lanjut, pembalap berusia 30 tahun itu sangat bersyukur dengan hasil finis runner-up pada balapan GP Rusia 2019.

Terlebih, setelah dia sempat mengalami kesulitan pada hari kedua GP Rusia 2019.

“Bagaimanapun tempat kedua bukanlah hasil yang buruk mengingat sebelumnya kami kesulitan saat turun pada hari kedua, sebagai tim kami melakukan pekerjaan dengan baik,” ujar Bottas.

“Podium ganda ini merupakan hasil yang sangat positif bagi kami karena sudah lama sejak terakhir kami mampu meraihnya dan ini adalah hari yang menggembirakan,” kata dia lagi.

Sebelumnya, Valtteri Bottas sempat merasa pesimistis dengan peluang timnya.

Apalagi seusai melihat penampilan Ferrari yang sangat cepat pada dua hari pertama GP Rusia 2019.

“Saya sadar Ferrari jauh lebih cepat dari kami, tetapi kami mampu membuat kemajuan dalam beberapa area,” kata Bottas.

“Mendekati sesi balapan, saya tahu jika kali ini akan sulit untuk meraih double podium. Namun, tentu saja tidak ada yang mustahil karena sekarang kami berhasil meraihnya,” ucap dia.

Usai menyambangi Rusia, kejuaraan dunia Formula 1 2019 akan dilanjutkan ke Sirkuit Suzuka, Jepang.

Berdasarkan jadwal, GP Jepang 2019 akan digelar pada 11-13 Oktober mendatang. [bolasport]