Marquez Nobatkan Quartararo Jadi Rivalnya Musim Depan

Fabio Quartararo

 

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, meyakini Fabio Quartararo akan menjadi pesaing beratnya pada musim depan. Kompetisi MotoGP 2019 belum juga berakhir, namun para rider sudah mulai berpikir mengenai musim depan. Bagi Marc Marquez yang hampir pasti merebut gelar juara dunia pada musim ini, tentu sudah mulai berpikir mengenai MotoGP 2020 yang akan bergulir tahun depan.

Pembalap berjuluk The Baby Alien tersebut kini disebut telah memiliki gambaran mengenai rider yang akan menjadi pesaing beratnya pada musim depan. Nama rookie Petronas Yamaha SRT asal Prancis, Fabio Quartararo, muncul sebagai kandidat utama.

Dilansir dari Paddock-GP, Marquez mengungkapkan alasannya memilih Quartararo.”Fabio Quartararo adalah pembalap termuda, dan bagi saya juga adalah salah satu yang tercepat,” ujar pembalap asal Spanyol tersebut.

“Jika saya membandingkan kecepatannya dengan pembalap lain, dia adalah yang terhebat. Kecepatannya saat sesi latihan dan kualifikasi mengagumkan. Dengan pengalaman yang semakin banyak, dia punya potensi menjadi pemenang. Musim depan dia akan menjadi lawan saya di kejuaraan dunia,” tuturnya menjelaskan.

Pernyataan Marquez tidak berlebihan. Hingga kini, Quartararo adalah salah satu pembalap yang sangat kuat saat kualifikasi. Pembalap yang baru berusia 20 tahun tersebut telah tiga kali meraih pole position, yakni pada MotoGP Spanyol, MotoGP Catalunya, dan MotoGP Belanda.

Hanya Marquez seorang yang mampu meraih pole position lebih banyak daripada Quartararo hingga seri ke-15. Tak hanya jago di kualifikasi, pembalap yang baru melakoni musim perdananya di kelas MotoGP ini juga cukup hebat saat balapan.

Tercatat telah empat kali Quartararo menginjakkan kaki di podium. Catatan ini bahkan lebih banyak daripada seniornya di tim utama Yamaha, yakni Valentino Rossi. Setelah rehat selama hampir dua pekan, para rider MotoGP kini menyambangi Thailand untuk melakoni seri balapan ke-15.

Rangkaian MotoGP Thailand sendiri telah menuntaskan jadwalnya untuk hari pertama, yaitu menggelar dua seri latihan alias FP1 dan FP2. Sesi balapan sendiri baru akan dihelat pada Minggu (6/10/2019), mulai pukul 14.00 WIB.

Bagi Marc Marquez yang hampir pasti merebut gelar juara dunia pada musim ini, tentu sudah mulai berpikir mengenai MotoGP 2020 yang akan bergulir tahun depan. {bolasport.com}