Dulu Benci Islam, Pria Ini Jadi Mualaf Karena Mohamed Salah

,Mohamed Salah

Ben Bird, seorang yang awalnya membenci islam menjadi mualaf karena Mohamed Salah. Perubahan besar ini terjadi usai ia melakukan penelitian nyanyian fans Liverpool untuk Salah.

Bird mengaku dulunya adalah seorang islamophobia. Ia membenci Islam karena isu terorisme yang berkembang dan beberapa tulisan di media yang menyudutkan muslim.

Rasa benci ini perlahan sirna usai ia mengenal sosok Salah. Pemain asal Mesir ini menjadi sensasi usai tampil gemilang bersama Liverpool sejak bergabung dari AS Roma pada musim 2017/2018.

Salah juga dikagumi karena seorang musim yang taat. Para fan Liverpool kemudian menciptakan lagu khusus untuk Salah. Sebait lirik lagu tersebut berbunyi ‘If he scores another few then I’ll be Muslim too’ (Jika dia mencetak gol, aku jadi Muslim juga).

Penggalan lirik ini terngiang di kepala Bird. Ia kemudian memutuskan melakukan penelitian terkait lagu ini untuk tugas akhirnya demi meraih gelar sarjana dalam jurusan Kajian Timur Tengah di Univesity of Leeds.

“Kami harus melakukan disertasi dan saya ingin melakukan sesuatu yang sedikit berbeda. Saya ingat dosen disleksia saya mengatakan “Bagaimana dengan lagu Mohamed Salah?” tutur Bird dikutip dari Guardians.

“Saya akhirnya mendapat jawaban untuk itu: “Mohamed Salah, hadiah dari Allah. Apakah penampilan Mohamed Salah memicu pembahasan yang memerangi Islamophobia di media dan bidang politik? ”

Pandangan Ben kepada Islam sontak berubah usai melakukan penelitian ini. Ia banyak belajar tentang Islam dari orang-orang muslim yang diwawancarainya.

Ia kemudian menjadikan Salah sebagai panutan karena mengantarkan menemui pemahaman baru tentang Islam. Ben juga mengungkapkan bahwa tindakan Salah sangat mencerminkan sosok seorang muslim yang taat.

“Mohamed Salah adalah Muslim pertama yang saya kagumi. Ia memperlihatkan itu dari cara dia menjalani hidupnya, bagaimana dia berbicara kepada orang-orang,” ujarnya menambahkan.

“Minggu yang lalu ia rela berfoto dengan seorang penggemar Liverpool yang menderita patah hidung yang mengejarnya. Saya tahu itu akan dilakukan oleh pesepakbola lain namun sekarang Salah yang melakukannya.”

Kekagumannya terhadap Salah akhirnya menuntun Bird menjadi seorang mualaf. Fans Nottingham Forest mengaku menjadi diri sendiri usai memeluk Islam.

“Saya pemegang tiket musiman Nottingham Forest merasa menjadi diri saya sendiri usai mengungkapkan saya seorang muslim. Saya masihlah sama dan itulah yang saya ambil dari Mohamed Salah,” ungkap Bird.

“Saya ingin bertemu dengannya untuk berjabat tangan dan sekadar mengatakan “Cheers” atau “Shukran”, jelasnya. {sport.detik.com}