MotoGP  

Data & Fakta Menarik MotoGP Assen, Belanda 2017

data dan fakta MotoGP Assen 2017

RadarAktual.com – Data & Fakta Menarik MotoGP Assen, Belanda 2017. Valentino Rossi dan para pembalap MotoGP lainnya akan segera melakoni seri ke delapan MotoGP 2017 yang akan digelar di sirkuit Assen, Belanda akhir pekan ini. MotoGP Assen ini akan dijadikan Yamaha menjadi seri untuk kembali bangkit setelah tampil buruk pada beberapa seri terakhir.

Yamaha belakangan tampil buruk, terlebih saat MotoGP Catalunya kemarin yang merupakan hasil terburuk yang diraih oleh tim asal Iwata tersebut. Valentino Rossi harus puas finish ke 8 sedangkan Maverick Vinales menempati posisi ke 10. Untuk itu, Yamaha yang sudah mengembangkan sassis dan fairing baru untuk Yamaha M1, akan tampil habis-habisan pada MotoGP assen kali ini.

Sebelum kita sama-sama menyaksikan aksi Valentino Rossi dan para pembalap MotoGP lainnya di Assen, mari kita simak dulu data da fakta MotoGP assen, Belanda 2017 yang kami kutip dari laman resmi MotoGP berikut ini.

Data & Fakta MotoGP Assen, Belanda 2017 :

  • Assen tidak pernah absen menggelar ajang balap grand prix sejak pertama kali menggelar pada 1949 silam.
  • Valentino Rossi menjadi pembalap paling sukses dengan mengoleksi 8 kali kemenangan termasuk di kelas 125 cc dan 250 cc masing-masing satu kali.
  • Rossi berhasil mempertahankan juara di Assen secara berturut-turut yakni pada musim 2004 dan 2005.
  • Sejak era Motor 4 tak diperkenalkan pada 2002, Yamaha menjadi tim paling banyak mengoleksi kemenangan yakni 7 kali, sedangkan Honda 5 kali dan Ducati baru satu kali pada 2008 silam.
  • Musim lalu, pada balapan flag to flag, Jack Miller berhasil menjadi juara di Assen yang disusul oleh Marc Marquez dan Scott Redding di podium ketiga. Sedangkan Valentino Rossi harus mencium aspal pada balapan kedua.