Dovizioso Ungkap Alasan Jadi Runner Up 3 Musim Beruntun

Andrea Dovisiozo saat sesi wawancara

Pembalap MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso, mengatakan perlombaan manajemen ban pada MotoGP 2019 sudah berakhir dan menunjukkan Ducati telah kehilangan kesempatan.

Andrea Dovizioso berada di jalur untuk menyelesaikan musim ini sebagai runner-up untuk musim ketiga berturut-turut. Tetapi, Andrea Dovizioso dan Ducati sama-sama mencetak lebih sedikit kemenangan pada tahap yang sama dalam dua tahun terakhir.

Dia juga mengakui bahwa Marc Marquez telah menciptakan celah yang lebih besar. Di Thailand, Dovizioso tidak berdaya untuk menghentikan Marquez merebut gelar dengan empat balapan musim 2019 tersisa karena ia finis di posisi keempat.

Ditanya apakah Ducati mengalami kemunduran dibandingkan MotoGP Thailand 2018,  Dovizioso mengatakan bahwa Marquez dan para pesaingnya lebih cepat dan bannya berbeda.

“Kami menjalani banyak balapan kecepatan baik dari putaran pertama hingga akhir. Tahun lalu dan tahun sebelumnya, balapan itu sedikit berbeda karena bannya berbeda,” kata Dovizioso seperti dari Motorsport.

“Jika Anda melihat laju pemimpin balapan (Fabio) Quartararo dia lebih cepat 0,3 detik. Jadi, inilah kenyataannya dan ada perubahan besar MotoGP pada musim ini dibandingkan dengan tahun lalu. Kami sudah terbiasa dengan manajemen balapan, tetapi sekarang mereka hampir habis,” lanjutnya.

Sementara itu, Marquez meraih kemenangan kedua pada MotoGP Thailand dengan hampir 20 detik lebih cepat dari pada balapan tahun sebelumnya.

“Kecepatan saya masih sama seperti dulu dan jejaknya tidak berubah. Tetapi, mereka (Michelin) memberikan bahan ban yang sama untuk semua tim. Jadi, kami harus beradaptasi,” ujar Dovizioso.

Rekan setim Dovizioso, Danilo Petrucci, menunjukkan tanda-tanda bangkit dari kemerosotan performanya baru-baru ini selama akhir pekan di  Thailand.
Namun, Petrucci finis di urutan kesembilan pada balapan MotoGP Thailand 2019.

Dovizioso saat ini menduduki posisi kedua dalam klasemen sementara pembalap dengan raihan 215 poin atau tertinggal 110 angka dari Marc Marquez. {bolasport.com}