Menangi Balapan GP Jepang 2019, Bottas Kembali ke Jalur Juara

Valtteri Botas Rayakan Kemenangan di F1 Jepang 2019

Pembalap Mercedes, Valtteri Bottas, kembali ke jalur juara setelah memenangi balapan GP Jepang 2019 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10/2019). Valtteri Bottas finis paling depan setelah menyelesaikan balapan dalam tempo 1 jam 23 menit 21,510 detik.

Dia unggul 11,376 detik atas Sebastian Vettel (Ferrari) yang finis di urutan kedua meski memulai balapan dari pole position. Sementara itu, rekan setimnya Bottas, Lewis Hamilton, terpaksa puas finis di peringkat ketiga setelah mencatat waktu lebih lambat 11,786 detik.

Dengan hasil ini, Hamilton pun gagal mempertahankan gelar juaranya di Sirkuit Suzuka. Meski begitu, Hamilton dipastikan mendapat ekstra 1 poin karena berhasil membukukan waktu lap tercepat pada balapan GP Jepang 2019.

Selain itu, Mercedes juga dipastikan menjaga dominasi mereka di Sirkuit Suzuka.

Jalannya sesi balapan F1 Jepang 2019

Valtteri Bottas langsung tancap gas untuk mengambil alih posisi Sebastian Vettel yang berada di posisi start terdepan.

Di saat hampir bersamaan, Max Verstappen (Red Bull Racing) yang berusaha untuk merangsek masuk ke urutan tiga besar mengalami spinning dan keluar lintasan setelah bersinggungan dengan mobil Charles Leclerc (Ferrari) pada lap kesatu.

Gara-gara insiden ini, jet darat Leclerc pun mengalami kerusakan.
Alhasil, pembalap Monako itu pun harus masuk pit lebih awal untuk mengganti sayap depan mobilnya yang rusak. Saat Leclerc melakukan pit stop, balapan baru berjalan 4 lap.

Insiden juga dialami oleh Lando Norris dari tim McLaren pada lap keempat seusai menyenggol mobil Alexander Albon untuk memperebutkan peringkat kelima.

Sementara itu, insiden yang terjadi antara Charles Leclerc dan Max Verstappen pada putaran langsung diinvestigasi oleh race stewards. Sempat berada di urutan ke-20, Leclerc perlahan-lahan mampu memperbaiki posisinya dengan menyalip sejumlah pembalap di depannya, termasuk Verstappen.

Leclerc melewati Verstappen di tikungan 1 untuk naik ke posisi ke-16 saat balapan memasuki putaran kesembilan. Tak lama kemudian, race stewards mengumumkan bahwa Sebastian Vettel juga masuk radar dengan dugaan jump start.

Hingga balapan memasuki putaran ke-12, Bottas masih mengunci posisi terdepan dengan keunggulan 3 detik atas Vettel yang berada di urutan kedua, sedangkan rekan setimnya, Lewis Hamilton masih tertahan di urutan ketiga.

Sementara itu, Charles Leclerc melakukan manuver dengan menyalip pembalap Toro Rosso, Daniil Kvyat, untuk merebut posisi ke-15, dan kini hanya berjarak 0,4 detik dari Kimi Raikkonen.

Leclerc lagi-lagi menunjukkan tajinya dengan merebut posisi Kimi Raikkonen di urutan ke-14 saat balapan memasuki lap ke-15. Pada lap yang sama, Verstappen memutuskan untuk mengakhiri balapan lebih awal saat dia masih berada di urutan ke-17.

Alexander Albon memutuskan untuk masuk pit stop guna mengganti ban, hal yang sama juga dilakukan oleh Vettel yang beralih ke kompon lunak setelah 17 putaran.

Satu lap kemudian, Mercedes merespons strategi Ferrari dengan meminta Bottas mengganti bannya dengan kompon medium, sementara rekan setimnya Hamilton kini berada di urutan terdepan.

20 lap berlangsung, Hamilton memutuskan untuk mengganti bannya dengan kompon medium, dan posisinya kini diambil alih oleh Bottas yang dibayangi Vettel.

Bottas mampu unggul 11 detik dari Vettel yang berada di urutan kedua, sementara pembalap Ferrari itu mulai ditempel ketat oleh Hamilton yang mampu menipiskan selisih waktu menjadi hanya 8 detik pada lap ke-25. Saat balapan memasuki putaran ke-26, Leclerc kembali melakukan pit stop untuk mengganti bannya.

Sementara itu, Daniel Ricciardo dari tim Renault dan Kvyat menjadi dua pembalap yang belum sekalipun melakukan ke pit stop. Balapan menyisakan 23 putaran lagi, Hamilton semakin dekat dengan Vettel setelah pembalap asal Inggris itu mampu memangkas gap menjadi hanya 3,7 detik.

Vettel kembali melakukan pit stop untuk kedua kalinya pada lap yang sama, dan dia terpaksa turun ke urutan ketiga dan menjadi 20 detik lebih lambat dari Hamilton.

Berkat usaha kerasnya, Leclerc berhasil kembali masuk ke posisi 10 besar dengan menduduki urutan ketujuh dan kini dia hanya terpaut 0,3 detik dari Pierre Gasly. Saat balapan memasuki putaran ke-37, Bottas kembali memasuki pit stop untuk kali kedua. Aksi ini memastikan dia turun peringkat dan status pembalap terdepan dipegang oleh Hamilton.

Di sisi lain, duel seru terjadi antara empat pembalap sekaligus yakni Pierre Gasly, Lance Stroll, Sergio Perez, dan Nico Hulkenberg untuk merebutkan posisi ketujuh. 10 putaran tersisa, Hamilton memutuskan mengganti bannya dari kompon medium dan beralih ke kompon lunak.

Duel sengit terjadi saat Hamilton berusaha merebut posisi Vettel di urutan kedua saat balapan menyisakan lima putaran lagi. Kesempatan Hamilton untuk menyalip Vettel semakin besar ketika kedua pembalap tersebut hanya berselisih 0,6 detik.

Namun, hingga balapan berakhir, Hamilton tak mampu mengejar Vettel.
Hamilton pun terpaksa puas finis di peringkat ketiga, sementara Bottas berhasil menjadi juara GP Jepang 2019. {bolasport.com}