Balap  

Mahasiswi Hijaber Asal Takalar Juara Honda Dream Cup 2019

Hijaber Perempuan Sukmawati, Juarai Honda Dream Cup 2019

Mahasiswi berusia 18 tahun asal Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sukmawati, keluar sebagai juara kategori Honda Matic Standar s/d 130 cc Wanita pada ajang Honda Dream Cup 2019 di Makassar, Sulsel, Minggu (27/10/2019).

Kategori Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita adalah salah satu kategori khusus yang diperlombakan pada balapan di sirkuit non-permanen Trans Studio Mall Makassar tersebut.

Kategori ini melibatkan tiga pembalap perempuan termasuk Sukmawati. Hebatnya, sosok berhijab ini menjadi juara setelah memulai balapan dari posisi start paling belakang.

Dijumpai seusai balapan, Sukmawati mengatakan bahwa Honda Dream Cup 2019 adalah balapan pertama yang dia menangi.

“Sebelumnya saya lebih suka ikut drag race. Ini pertama kali saya ikut road race karena diajak,” kata Sukmawati.

Menariknya, Sukmawati justru tidak pernah menang pada kompetisi drag race, meski sudah menekuni balapan jenis tersebut sejak kelas 2 SMA.

“Saya ikut drag race tidak pernah menang. Ikut lomba ini pun mendadak, baru malam sebelumnya diberitahu,” ucap Sukmawati lagi.

Mahasiswi sebuah perguruan tinggi swasta di Makassar itu pun menilai balapan Honda Dream Cup sebagai sebuah tantangan baru.

“Menurut saya balapan road race ini jadi tantangan. Saya pikir tidak apa-apa juga dicoba, karena siapa tahu saya menang,” tutur dia.

“Road race juga lebih menantang ketimbang drag race karena treknya lebih meliuk-liuk dibanding drag race yang lurus,” ucap Sukmawati menambahkan

Kesukaan Sukmawati terhadap olahraga balap bukan datang tiba-tiba.
Dia sudah tertarik mencoba membalap sejak masih duduk di bangku SMP.

“Waktu itu, ada pemilik bengkel yang menawari saya untuk mencoba motornya, dari situ saya pikir untuk mencoba saja menjadi pembalap,” kata dia.

“Selain itu, saya ingin punya banyak teman, makanya mencoba balap,” tutur Sukmawati lagi.

Kendati sudah menang pada Honda Dream Cup 2019, Sukmawati mengaku belum punya target spesifik trofi atau podium mana yang hendak ia bawa pulang berikutnya. “Sekarang, saya ingin balapan drag race dan road race saja dulu,” ucap dia. {bolasport}