MotoGP  

Data & Fakta MotoGP Sachsenring, Jerman 2017 “Honda Masih Jadi Raja”

data dan fakta MotoGP Jerman 2017

RadarAktual.com – Data dan fakta MotoGP Sachsenring, Jerman 2017. Akhir pekan ini para pembalap MotoGP akan segera melakoni seri ke 9 MotoGP 2017 yang akan digelar di sirkuit Sachsenring, Jerman. MotoGP Jerman ini merupakan sirkuitnya Honda dimana tim dengan logo sayap tersebut masih menjadi raja di beberapa seri terakhir.

Kegagalan Maverick Vinales pada GP Belanda kemarin, membuat peta kekuatan para pembalap MotoGP semakin ketat. Terlebih setelah rekan satu timnya di Yamaha, Valentino Rossi berhasil keluar sebagai juara di Assen yang membuat perolehan poin di papan klasemen MotoGP semakin ketat. (Baca juga : Klasemen MotoGP 2017 Terbaru ).

Namun pada seri ke 9 ini, Honda dipastikan akan memberikan persaingan ketat setelah mereka berkuasa di Sachsenring dalam beberapa tahun terakhir. Marc Marquez masih belum terkalahkan di Jerman ini dalam 4 tahun terakhir. Sebelumnya, Dani Pedrosa berhasil mengamankan podium juara di Jerman ini sebanyak 3 kali.

Sebelum kita sama-sama menyaksikan aksi para pembalap MotoGP ini, mari kita simak dulu beberapa data dan fakta MotoGP Jerman ini yang kami lansir dari situs resmi MotoGP.

Data dan fakta MotoGP Sachsenring, Jerman 2017 :

  • Honda masih menjadi Raja di Sachsenring

Sejak tahun 2010, Honda selalu keluar sebagai juara di Sahcsenring ini. Marc Marquez sudah meraih kemenangan tujuh kali berturut-turut. Mulai tahun 2010 untuk kelas 125, Moto2 (2011, 2012), dan MotoGP (2013, 2014, 2015, 2016). Sebelum Marquez, kemenangan diraih rekan setimnya di Honda, Dani Pedrosa dengan jumlah yang sama yakni enam kali. Yakni, kelas 250cc sebanyak 2 kali (2004, 2005) dan kelas MotoGP 4 kali  (2007, 2010, 2011, 2012).

  • Sachsenring Didominasi Tikungan ke Kiri

Sirkuit yang digunakan sejak tahun 1998 ini, memiliki jumlah tikungan yang lebih banyak ke kiri yakni 10 tikungan. Sedangkan tikungan ke kanan hanya 3 kali saja.

  • Marquez Paling Banyak meraih pole position

Pembalap Honda ini telah meraih pole position di Jerman sebanyak 4 kali, sama dengan Casey Stoner.

  • Jorge Lorenzo belum pernah menjadi juara di Sachsenring

Pembalap yang saat ini membela Ducati ini belum sekalipun menang di Sachsenring, bahkan sejak di kelas 125cc (Moto3) pada 2002 silam. Catatan terbaik Lorenzo di sirkuit ini adalah peringkat kedua yang ia dapatkan terakhir kali pada 2012 silam. Total ia empat kali berhasil menjadi runner-up di MotoGP Jerman.

  • Marquez masih berkuasa di Sachsenring dalam 4 tahun terakhir

Pada tahun 2014, Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Lorenzo berhasil menguasai podium kala itu, artinya tahun itu Honda mendominasi dengan 2 rider di podium sedangkan Yamaha  hanya diwakili oleh Lorenzo diposisi ke 3.

Sedangkan pada tahun 2015, posisinya hampir sama dengan 2014, hanya Rossi yang berhasil mengambil alih posisi Lorenzo di podium 3, Marc Marquez dan Pedrosa tetap berhasil podium diposisi 1 dan 2, artinya tahun ini Honda tetap menguasai Sirkuit Jerman ini.

Kemudian pada tahun kemarin 2016, kembali Marc Marquez jadi juara utama kemudian diikuti rider Honda lainnya yaitu Cal Crutchlow dan posisi 3 diambil alih oleh Dovisiozo dari tim Ducati.

Dengan melihat data dan fakta MotoGP Sachsenring, Jerman tersebut, kita bisa memprediksi siapakah yang akan keluar sebagai juara di seri terakhir MotoGP sebelum liburan musim panas tahun ini.