IndonesiaSepakbolaTimnas

Kualifikasi Piala AFC U19. Timnas Indonesia Bungkam Timor Leste 3-1

0
Timnas U-19 Merayakan Kemenangan

Timnas U-19 Indonesia menang dengan skor 3-1 melawan Timor Leste di Stadion Madya, Senayan, Rabu (6/11/2019).

Gol-gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Fajar Fathur Rachman (2′, 76′), David Maulana (62′). Sementara Timor Leste hanya mampu membalas lewat gol yang dicetak oleh Mouzinho de Lima lewat sepakan 12 pas pada menit ke-51.

Indonesia langsung tampil menekan sejak wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Skuad Garuda Nusantara lantas unggul cepat lewat gol yang dicetak oleh Fajar Fathur Rachman ketika laga baru berjalan dua menit.

Fajar menanduk umpan crossing yang dikirimkan oleh Sutan Zico dan langsung merobek jala gawang kawalan Junildo Manuel Pereira.  Timor Leste lantas berusaha keluar dari tekanan para pemain Indonesia pada menit ke-15.

Anak asuh Lee Min-young melancarkan sejumlah serangan dengan mengandalkan umpan terobosan namun masih sering terjebak offside. Timor Leste akhirnya mendapat kesempatan pertama pada menit ke-16.

Paulo Domingos melakukan pergerakan berbahaya setelah mengelabui tiga pemain belakang Indonesia dan melepaskan tembakan keras. Beruntung tendangan Domingos masih melambung jauh di atas mistar gawang Indonesia yang dikawal oleh Ari Sutaryadi.

Timor Leste kembali mendapat kesempatan pada menit ke-23. Paulo Domingos mengejar umpan terobosan yang diberikan oleh rekannya namun bola meluncur deras ke pelukan Sutaryadi yang keluar dari sarangnya.

Anak didik Fakhri Husaini kembali mendapatkan dominasinya ketika laga sudah memasuki menit ke-30. Bagus Kahfi dkk melancarkan sejumlah serangan yang membahayakan gawang kawalan Junildo Manuela Pereira namun masih belum membuahkan hasil.

Skor 1-0 untuk keunggulan timnas U-19 Indonesia bertahan hingga turun minum. Di babak kedua, Timor Leste mampu bermain semakin bebas.

Petaka bagi Indonesia hadir pada menit ke-51. Sutaryadi melanggar Mouzinho de Lima di kotak 16 dan membuahkan hadiah penalti bagi Timor Leste.

Mouzinho yang juga menjadi eksekutor berhasil melakukan tugasnya dengan baik dan mengubah kedudukan menjadi 1-1. Dua menit berselang, Indonesia berusaha membalas dengan cepat melalui Bagus Kahfi, namun tendangannya masih belum akurat dan melambung jauh.

Menit ke-59, Timor Leste terpaksa bermain dengan sepuluh pemain usai Nelson Pinto diusir oleh wasit dari lapangan pertandingan. Nelson mendapatkan kartu merah secara langsung setelah mengangkat kaki terlalu tinggi dan menendang wajah Bagus Kahfi.

Beckham Putra yang menjadi eksekutor tendangan bebas gagal menjeblos gawang Junildo karena tembakannya masih terlalu lemah. Indonesia akhirnya berhasil menggandakan keunggulan melalui tendangan David Maulana pada menit ke- 62.

Bola hasil tendangan keras David mengenai kaki kapten Timor Leste, Gumario da Silva, dan berbelok arah sehingga tak bisa diantisipasi oleh Junildo. Kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Fajar Fathur Rachman kembali mengancam gawang kawalan Junildo pada menit ke-65, akan tetapi tendangannya masih bisa ditepis oleh kiper Timor Leste tersebut.

Memasuki paruh babak kedua, Indonesia semakin mampu menekan sepuluh pemain Timor Leste. Beckham Putra cs tanpa henti menciptakan serangan ke jantung pertahanan Gumario dkk.

Beckham Putra dan Bagus Kahfi kembali menyia-nyiakan peluang emas pada menit ke-74. Peluang keduanya masih membentur tiang gawang Timor Leste dan masih belum membuahkan gol.

Dua menit berselang, Fajar Fathur Rachman berhasil mencatatkan namanya kembali di papan skor. Ia meneruskan umpan silang yang dikirimkan oleh Supriyadi yang masuk menggantikan Sutan Zico dan berhasil mencetak gol ketiga bagi Indonesia.

Memasuki menit-menit akhir babak kedua, skuad Garuda Nusantara masih mencoba untuk menambah pundi-pundi gol. Pelatih Fakhri Husaini memasukkan Serdy Ephyfano menggantikan Beckham Putra pada menit ke-87 untuk menambah daya gedor timnas U-19 Indonesia.

Salman Al Farid mencoba peruntungannya dengan melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-89. Namun sayang bola masih membentur tiang gawang dan meninggalkan lapangan pertandingan.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tidak ada tambahan gol yang tercipta.
Dengan kemenangan 3-1 ini, Indonesia berhasil naik ke puncak klasemen sementara Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 Grup K.

Timnas U-19 Indonesia (4-3-3): 21-Ernando Ari Sutaryadi; 2-Bagas Kaffa, 23-Rizky Ridho Ramadhani, 19-Alfeandra Dewangga Santosa, 15-M. Salman Alfarid; 6-David Maulana, 5-Theo Fillo (18-Brylian Negiehta 77′), 7-Beckham Putra Nugraha (17-Serdy Ephifano 87′); 20-Bagus Kahfi, 9-Sutan Zico (11-Supriadi 54′), 14-M. Fajar Fathur Rachman.

Pelatih: Fakhri Husaini.

Timnas U-19 Timor Leste (3-5-2): 1-Junildo Manuel Pereira; 3-Orcelio Nobelito Moises, 13-Gumario da Silva, 18-Nilson Pinto; 4-Jaimito Antonio Soares, 6-Jhon Frith, 9-Paulo Domingos, 10-Mouzinho de Lima, 11-Expedito Soares da Conceicao; 7-Elias Joao Mesquita, 14-Osoiro Angelo da Cos (21-Ejivanio Ferreira 78′).

Pelatih: Lee Min-young.

{bolasport}

Betah 11 Tahun Menjanda, Ini Deretan Kerajaan Bisnis Yuni Shara

Previous article

Marquez Akui Idolakan Valentino Rossi Sejak Dari Kecil

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *