Gol Egy Maulana Vikri Bawa Timnas Indonesia U23 Menang 2-1 Atas Iran

Egy Maulana Vikri

Laga Timnas Indonesia vs Iran telah berlangsung di Stadion Pekansari, Bogor, Sabtu (16/11/2019) malam. Hasil laga Timnas Indonesia U23 vs Iran berakhir dengan skor 2-1 untuk kemenangan skuat Indra Sjafri.

Gol tim asuhan Indra Sjafri dicetak Muhammad Rafli dan gol balasan Iran dicetak Reza Shekari pada babak pertama. Egy Maulana Fikri yang masuk di babak kedua jadi pembeda setelah berhasil mencetak gol pada menit ke-84.

Timnas Indonesia U23 coba membangun serangan dari lini pertahanan, umpan panjang Irianto diterima Sani secara baik. Kerja sama Sani, Witan dan Rifad di sisi kiri pertahanan Iran belum mampu menciptakan peluang berbahaya ke gawang Meraj.

Iran mendapat peluang dari tendangan penjuru pertama dalam laga ini. Umpan Ali Shojabi gagal dikonversikan menjadi gol oleh rekannya. Pada menit ke-22, Iran nyaris membuka keunggulan melalui tandukan Reza Shakiri.

Umpan crossing Ali dari sisi kanan berhasil diteruskan lewat sundulan Reza, namun bola masih melebar tipis di sisi kiri Nadeo. Tim asuhan Indra Sjafri berbalik menyerang setelah itu, Feby yang melakukan pergerakan di sisi kiri sukses melewati beberapa pemain Iran.

Memiliki ruang tembak, Feby lepaskan tembakan keras mendatar ke gawang Iran. Sayang, bola dapat diantisipasi Meraj. Nadeo lakukan penyelamatan berharga di bawah mistar gawang Indonesia, setelah menepis tendangan Delfi dari luar kotak penalti pada menit ke-25.

Timnas Indonesia U23 akhirnya mampu membuka keunggulan lebih dulu pada menit ke-32. Meraj lakukan kesalahan, penjaga gawang Iran tersebut keluar dari zonanya untuk menghalau bola.

Namun halauannya tidak sempurna yang kemudian dimanfaatkan Muhammad Rafli untuk merubah papan skor menjadi 1-0. Keunggulan skuat Garuda tak bertahan lama.

Feby Eka Putra melakukan pelanggaran terhadap Younes Delfi di kotak terlarang hingga wasit memberikan penalti untuk Iran. Reza Shekari yang menjadi eksekutor tendangan penalti Iran sukses menjalankan tugasnya dan menjadikan skor sementara 1-1.

Hingga tambahan waktu babak pertama selesai, keadaan 1-1 tak berubah untuk kedua tim. Selepas jeda turun minum, Rafli memiliki peluang untuk merubah papan skor setelah menerima umpan Sani Rizki.

Namun sayang, bola hasil tendangan kaki kiri Rafli melebar tipis di sisi kiri gawang Iran. Indra Sjafri melakukan sejumlah rotasi pemain di babak kedua dengan memainkan Egy Maulana Fikri, Zulfiandi, dan Saddil Ramdani.

Tak banyak perubahan permainan Indonesia di babak kedua. Egy Maulana Vikri dan kolega mengandalkan serangan balik cepat dari sisi sayap. Pada menit ke-76, Egy memiliki ruang tebak di luar kotak penalti.

Tendangan spekulasi pemain bernomor punggung 10 itu masih lemah hingga mampu diatasi Meraj dengan baik. Stadion Pekansari bergemuruh pada menit ke-84 menyusul gol Egy Maulana Vikri setelah menerima umpan dari Rachmat Irianto.

Berawal dari kejelihan pemain Indonesia yang berhasil merebut bola dari pemain Iran. Bola diumpan ke arah Irianto yang berdiri tanpa kawalan pemain Iran di kotak 12 pas.

Tanpa egois, Irianto membagi bola ke Egy yang masuk dari sisi kanan hingga akhirnya berhasil menceploskan bola ke gawang Merej. Gol Egy jadi pembeda dalam laga ini sekaligus emberikan kemenangan untuk Timnas Indonesia U23.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U23

Nadeo Arga Winata, Rifad Marasambessy, Nurhidayat, Bagas Adi, Witan Sulaeman, Firza Andika, Rachmat Irianto, Sani Rizki, Syahrian Abimanyu, Feby Eka Putra, M Rafli.

Cadangan: Riyandi, Awan Setho, Luthfi, Egy Maulana, Asnawi Mangkualam, Mila, Gian Zola, Hanis Sjahbandi, Osvaldo Haay, Kadek, Saddil Ramdani, Zulfiandi, Dodi, Hambali Tholib.

Pelatih: Indra Sjafri

Iran

Meraj Esmaeili (GK); Mohammad Mioslempour, Aref Gholami, Aref Aghasi, Amir Roustari; Ali Shojabi, Mohammad Mehdi, Omid Nor; Reza Shekari, Saeyed, Younes Delfi {tribun}