5 Wakil Tembus Putaran Utama Indonesia Masters 2020

Tontowi Ahmad dan Apriyani Rahayu

Lima wakil dari putaran kualifikasi sukses menembus putaran utama turnamen Indonesia Masters 2020 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, 14-19 Januari.

Satu dari empat wakil tersebut adalah pasangan anyar ganda campuran, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu. Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu memenangi laga “mendadak debut” mereka kontra Supak Jomkoh/Supissara Paewsamparn (Thailand) dengan skor 21-16, 21-17.

Kemenangan ini membawa Tontowi/Apriyani ke babak kesatu putaran utama dan akan menjumpai unggulan ketujuh asal Korea Selatan, Seo Seung-jae/Chae Yujung.

Tontowi/Apriyani mengakui, laga mendatang bakal menjadi ujian berat. Namun, Tontowi/Apriyani tak ingin terlalu memikirkan hal tersebut karena mereka tidak diberi target apapun oleh PP PBSI.

“Ya, nanti kami akan pelajari cara main mereka (Seo/Chae) seperti apa. Lepas sajalah nanti mainnya, enjoy saja. Kami juga kan nggak ditarget apa-apa,” ucap Tontowi pada konferensi pers seusai laga.

“Namun, kami mau menang,” kata Apriyani menimpali.

Sebelum Tontowi/Apriyani, pasangan ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Annisa Saufika juga meraih kemenangan pada putaran kualifikasi.

Duet Alfian/Annisa mengamankan tempat pada putaran utama setelah menundukkan wakil Denmark, Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby, dengan skor 21-18, 21-13.

Dari nomor tunggal putri, Ruselli Hartawan melangkah ke putaran utama usai mengalahkan Pai Yu Po dari Taiwan.

Pun demikian dengan dua wakil ganda putri, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto.

Ketut/Tania memenangi derbi Merah Putih atas Anggia/Pia, sedangkan Fadia/Ribka mengalahkan Pooja Dandu/Sanjana Santosh.

Sementara itu, tiga wakil lainnya pada putaran kualifikasi yakni Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama (ganda putra) serta Nita Violina Marwah/Putri Syaikah (ganda putri) belum berhasil melangkah jauh.

Mereka tersisih sejak putaran kualifikasi setelah dikalahkan lawan masing-masing.

Berikut hasil lengkap wakil tuan rumah pada putaran kualifikasi Indonesia Masters 2020.

XD – Alfian Eka Prasetya/Annisa Saufika vs Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby (DEN) 21-18, 21-13

XD – Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu vs Supak Jomkoh/Supissara Paewsampran (THA) 21-16, 21-17

WS – Ruselli Hartawan vs Pai Yu Po (TPE) 21-18, 23-21

WD – Ni Ketut Mahadewi Istarani/Tania Oktaviani Kusumah vs Anggia Shitta Awanda/Pia Zebadiah Bernadet 21-11, 21-18

WD – Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto vs Pooja Dandu/Sanjana Santosh (IND) 21-16, 21-6

MD – Jones Ralfy Jansen/Peter Kaesbauer (GER) vs Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana 21-23, 22-20, 21-17

WD – Chang Ching Hui/Yang Ching Tun (2/TPE) vs Nita Violina Marwah/Putri Syaikah 21-12, 21-12MD – Kim Gi-jung/Lee Yong-dae (KOR) vs Ricky Karandasuwardi/Angga Pratama 21-16, 24-22 {bolasport}