Bulutangkis

Daftar Peserta Piala Thomas dan Uber 2020, Tim Putra Lolos Tim Putri Selamat

0

Sebanyak 32 tim peserta Piala Thomas dan Uber 2020 telah ditentukan. Indonesia sukses meloloskan tim putra dan tim putrinya.

Turnamen bulu tangkis beregu Piala Thomas dan Piala Uber 2020 akan bergulir pada 16-24 Mei di Aarhus, Denmark. Ceres Arena akan menjadi arena lomba dari edisi ke-31 dari Piala Thomas dan ke-28 bagi Piala Uber tersebut.

Sebanyak 32 tim dari berbagai negara akan terlibat dalam Piala Thomas dan Piala Uber 2020. Masing-masing turnamen akan diikuti 16 tim. Empat tim sudah lolos secara otomatis ke Piala Thomas dan Uber 2020.

Selain dua tim dari Denmark selaku tuan rumah, ada tim putra China dan tim putri Jepang yang merupakan juara bertahan. Proses kualifikasi Piala Thomas dan Uber sudah selesai dengan tuntasnya kejuaraan beregu di semua benua pada 16 Februari 2020.

Indonesia menjadi salah satu negara yang mengirimkan wakilnya terlebih dahulu menyusul keberhasilan tim putra menyabet gelar juara di Kejuaraan Beregu Asia 2020. Tim putra Indonesia memang menjadi kekuatan besar di jagat tepok bulu.

Indonesia menjadi negara tersukses di Piala Thomas dengan 13 gelar juara. Namun, paceklik gelar juga sudah lama dialami Indonesia, tepatnya sejak trofi terakhir pada 2002.

Momentum kemenangan pada Kejuaraan Beregu Asia 2020 diharapkan bisa membantu Hendra Setiawan dkk. untuk meraih sukses di Aarhus.

Manajer Tim Indonesia, Susy Susanti, memandang bahwa Indonesia punya kans besar untuk menjadi juara Piala Thomas.

“Harus optimis di Piala Thomas, ini kesempatan baik buat kami,” ujar Susy dilansir BolaSport.com dari Badminton Indonesia.

“Kami harus lebih mempersiapkan diri lagi, kami berharap sekali bisa mengembalikan Piala Thomas ke Indonesia,” imbuhnya.

Sementara tim putra Indonesia mendapat tiket lebih dulu ke Piala Thomas, nasib berbeda dialami oleh para srikandi bulu tangkis tanah air.

Tim putri Indonesia menelan kekecewaan saat dihentikan Jepang 3-0 pada perempat final Kejuaraan Beregu Asia 2020.

Untungnya, peringkat Indonesia yang bagus di ranking tim dunia BWF menyelamatkan asa Greysia Polii cs. untuk mentas di Piala Uber 2020.

Tim putri Indonesia lolos menggunakan satu dari tiga slot alternatif yang ditentukan berdasarkan perhitungan ranking dunia.

Kendati berhasil lolos, PBSI tetap berusaha menyiapkan solusi untuk memperbaiki prestasi Indonesia di sektor bulu tangkis putri.

“Kami sadar kekuatan kami di sektor putri masih belum merata. Kami harus berjuang lebih keras lagi, teurutama di tunggal putri,” kata Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto.

“Kami harus bisa sesegera mungkin menaikkan yang muda-muda, supaya mereka dapat jam terbang yang banyak dan bisa masuk level pertandingan yang lebih tinggi.”

Daftar Peserta Piala Thomas dan Piala Uber 2020

Piala Thomas Piala Uber
Tuan Rumah Denmark Denmark
Juara Bertahan China Jepang
Asia Indonesia
Malaysia
India
Jepang
Malaysia
Korea Selatan
Thailand
China*
Eropa Prancis
Belanda
Rusia
Inggris*
Prancis
Jerman
Skotlandia
Rusia*
Afrika Aljazair Mesir
Amerika Kanada Kanada
Oceania Australia Australia
Ranking Dunia Thailand
Taiwan
Korea Selatan
Indonesia
Taiwan
India
Sumber: BadmintonIndonesia.org

Keterangan:

*lolos sebagai wakil kontinental dengan menempati slot yang dimiliki tuan rumah/juara bertahan, dipilih dari negara dengan ranking tertinggi di kawasan tersebut {bolasport}

Marc Marquez Rayakan Ultah Ke-27 Dengan Latihan Motocross

Previous article

Dilecehkan Pengamat, Golkar Sumut Bakal Layangkan Somasi?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *